Wednesday, March 26, 2014

ujungkelingking - Tips Membuat Acara Reuni via Media Sosial


Undangan Reuni
Image: Kaskus

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa media sosial dewasa ini sudah menjadi sarana yang sangat erat dengan kehidupan kita (baca: masyarakat urban). Media sosial pun sudah naik fungsinya dari yang tadinya hanya sekedar sebagai sarana pelampiasan emosi menjadi alat untuk menangguk rejeki. Fungsi lainnya yang tak kalah penting, ia bisa menghubungkan banyak individu dari berbagai tempat dan lokasi. Memang inilah tujuan sebenarnya dari diciptakannya jejaring sosial. Hal yang terakhir inilah yang akan kita bicarakan dalam postingan kali ini.

Media sosial sebagai alat penghubung individu-individu tersebut awalnya memang tidak banyak dibutuhkan ketika kita masih berkumpul secara nyata dengan teman, sahabat atau keluarga kita. Namun ketika semunya harus berjauhan -karena banyak faktor- barulah media penghubung ini menjadi diperlukan.

Salah satu contoh paling mudah dalam pemanfaatan sosmed sebagai media penghubung adalah membuatnya menjadi undangan (baca: ajakan) untuk membuat suatu acara yang sifatnya non-formal (untuk acara yang formal, masih lebih etis jika kita menggunakan cara konvensional). Apalagi semuanya sudah dilengkapi fitur Group, Circle -atau istilah lainnya- yang hal ini memudahkan kita untuk mengirimkan pesan undangan ke banyak tujuan, ataupun ke orang-orang tertentu saja.

Misalnya kita ingin mengajak teman-teman lama kita untuk mengadakan acara reuni. Memang untuk facebook sudah ada fitur "Buat Undangan", tapi tentu tidak mungkin kita tiba-tiba langsung membuat undangan reuni tanpa melibatkan teman-teman untuk menanyakan kesediaannya. Kalau harus dimusyawarahkan lebih dulu, didatangi atau ditelpon satu-persatu, lalu di mana fungsi media sosialnya?

Maka perlu ada cara-cara tertentu, agar ajakan ini bisa diterima (baca: disetujui) oleh semua anggota tanpa kita perlu bertemu atau bertamu dengan masing-masing anggota.

Tips-tips berikut ini mungkin bisa kita praktekkan jika kita ingin membuat sebuah acara reuni dengan sosial media sebagai undangannya.

◄|
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Wednesday, March 26, 2014
Categories:

24 comments:

  1. dengan adanya media sosial membuat berkomunikasi dengan teman teman lama menjadi lebih mudah

    ReplyDelete
  2. asyik Mas. saya sih belum pernha nyoba, cuma makmum aja. temen2 yang pada reuni katanya pake jasa begituan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum pernah reunian, cuma tips ini sudah saya lakukan ktika mau mengadakan acara penggalangan buku tulis utk yayasan di daerah kami... rsponnya lumayan bagus.

      Delete
  3. saya dulu pernah juga mas, ngajak reunian pake sosmed, eh malah banyak debat, malah ga jadi acaranya hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mknya langsung diputusi aja, mas. h-hii...

      Delete
  4. Betul banget mas semenjak adanya media sosial komunikasi bisa berjalan dengan lancar, dan itu yang saya rasakan, kehadiran medsos seperti FB misalnya. Berkat si FB temen-temen lama sewaktu masih SMP akhirnya bisa ketemu walaupun cuma di dunia maya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, utk mempertemkan di dunia nyata juga masih ada kesulitan trsendiri, kan?

      Delete
  5. dengan berkembang teknologi
    sekarang media sosial dalam hal ini facebook
    memang sangat2 mudah membuat sebuah acara (reuni)
    thanks sharingnya mas

    ReplyDelete
  6. Betul banget mas pri. sejak ada media sosial? komunikasi bisa berjalan dengan lancar dan mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini adalah salah satu hasil dr kebebasan pers yg artikelnya mau saya publish ini nanti...

      Delete
  7. awal februari kemaren ngadain temu alumni SMA rada akbar bertempat di Hotel berbintang di deket SMA di Bekasi sono, ngundang dan ngajakin para alumninya juga pake efbi dan media sosial lainnya, soalnya emang hampir semua orang menggunakan minimal efbi...lebih efektif pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl semuanya sudah setuju mslah tempat dan waktu sih kyknya gampang juga... masalahnya kdg ada pula yg waktunya gak cocok, atau tempatnya yg gak suka...

      Delete
  8. boleh di coba tuh Mas, saya belum pernah dapat undangan reuni tuh :D

    ReplyDelete
  9. Ya betul memudahkan kita untuk mengundang reuni dengan dibuatnya grup maupun fanpage ataupun agenda reuni yang diundangkan, tentunya dari perlu dipikirkan kapan dan jam berapa pertemuan tersebut diadakan jangan sampai bentrok dengan jam kesibukan teman kita sehingga sedikit yang mengikuti undangan kita.

    Jadi ya harus dipertimbangkan dengan baik-baik.

    Selain itu acara reuni juga harus dijelaskan disitu apa aja biar waktunya enggak sia-sia, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, agenda apa saja yg akan diacarakan itu penting.

      Delete
  10. boleh dicoba tuh..
    anjutkan sharingnya ya
    jangan lupa kunjangannya mas.

    ReplyDelete
  11. Ada memang kebiasaa orang yang tidak akan datang jika tidak ada selembar Undangan resmi yang dilayangkan atau ditujukan kepada dirinya. Ini biasanya tergantung juga dengan situasi dan kondisinya. Sejauhmana kedekatan emosional antara yang punya hajatan reuni dengan yang bersangkutan. Tidak selalu reuni saja, undangan nikah, undangan rapat hingga undangan arisan juga bisa dilakukan dengan media sosial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl saya malah berpikir utk teman-teman dekat, yg bs dijangkau lebih baik malah g usah undangan tp langsung didatengi aja...

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!