Thursday, March 20, 2014

ujungkelingking - Which Your Instru?


Setelah beberapa waktu yang lalu teman-teman blogger pada pamer tentang lagu-lagu favoritnya, sekarang giliran saya yang mau berbagi tentang lagu-lagu favorit saya.

Sebenarnya hampir semua genre lagu saya suka. Namun jika ditanya mana yang paling favorit, tentu dari jenis instrument (beberapa menyebutnya lagu klasik). Jika teman-teman familiar dengan nama Kitaro, Bond, Vanessa Mae atau Maksim, maka itulah artis-artis kesukaan saya. Dan sebenarnya -tapi ini rahasia, lho- lagu apapun jika dimainkan dengan versi instrument juga pasti akan menarik minat saya. H-hoo...

Bagi saya, musik-musik yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah musik-musik yang begitu imajinatif, dan selain itu kita juga tidak perlu susah-susah untuk menghafalnya (gimana mau hafal, lah liriknya aja gak ada???) Musik dari genre ini jelas berbeda dengan lagu-lagu biasa yang kita bisa mengerti maksud lagu tersebut dari lirik-lirik yang ada. Pada instrument, kita hanya bisa mencoba mereka-reka apa yang ingin disampaikan dengan hanya berbekal judul yang digunakan dan harmonisasi yang ada. Inilah yang saya maksud dengan memancing imajinasi kita.

Mendengarkan musik jenis ini akan lebih baik bila kita menggunakan headset-stereo, karena ada beberapa suara alat musik yang tidak terlalu terdengar bila dimainkan tanpa headset. Dengan penggunaan alat ini, maka suara yang dihasilkan bisa terdengar begitu "kental".

Nah, berikut ini adalah beberapa lagu instrument dari artis favorit saya.


Vanessa Mae | Violin Player

Vanessa Mae


The Blessed Spirits adalah gesekan biola yang paling memikat saya. Butuh waktu yang agak lama untuk menikmati lagu ini karena "klimaks-nya" yang berada cukup jauh dari awal lagu. Susah memang dijelaskan karena saya hanya seorang penikmat dan bukan pengamat musik. Tapi yang menarik dari lagu ini adalah -bila telinga kita jeli- pada pertengahan lagu ini ada disisipkan satu-dua potongan ayat dari Al-Qur'an. H-hee...

Selain itu yang bisa menjadi favorit lainnya misalnya Bolero for Violin and OrchestraContradanza atau Night Flight.

Bond

Bond (Bond Girls)


Awal "berkenalan" dengan musik instrument adalah dari grup ini, tepatnya dari Victory, salah satu lagu yang saya yakin amat familiar di telinga teman-teman. Teman-teman bisa coba untuk download lagu ini dan pasti akan bilang, "Oh, yang ini toh..."

Akan tetapi meski pertama kenal dari Victory, namun justru Wintersun-lah yang memikat saya. Dari judulnya saja kita bisa merasakan materi apa yang dibawa. Imajinatif, barangkali itu saja istilah yang lebih-kurang bisa menggambarkan isi lagu tersebut.

Selain Wintersun, yang patut menjadi pilihan adalah irama yang cukup menghentak dari Fuego. Strange Paradise, atau Midnight Garden juga asik untuk dinikmati.

Maksim | Piano Player

Maksim Mrvica


Cukup lama saya coba searching Blue Baloon versi mp3 dari lagu ini. Dan selama itu saya harus puas mendengarkannya via cassete tape. Padahal ini lagu yang paling keren menurut saya.

Selain itu ada juga Wonderland, Hana's Eyes, dan Child in Paradise.

Kitaro

Kitaro


Kalau kita pernah mendengarkan siaran radio tentang curhatan pemirsa, atau teman-teman suka menampilkan pembacaan puisi di panggung, maka Silk Road adalah instrument yang wajib dipilih sebagai backsound.

Pilihan lain yang bisa digunakan adalah Shimmering Horizon, Caravansary, atau Heaven and Earth. Tapi untuk Kitaro, saya lebih suka Mirage.

***

Tentunya apa yang saya sebut di atas hanyalah sedikit saja di antara musik-musik instrument yang ada. Masih banyak artis-artis lainnya yang saya belum berkesempatan untuk mendengarkannya.


Terakhir, barangkali teman-teman juga mau mencicipi suguhan Cello Ascend dari Kungfu Piano...
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Thursday, March 20, 2014
Categories:

28 comments:

  1. waah, keren sekali yaa mas musik
    barusan saya lihat di youtube
    mantap mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya tak kasih link yutubnya aja, tp di sini gbs buka yutub... jd ya link dunlud aja, h-hee...

      Delete
    2. Selera Mas Pri tinggi ya, saya jarang dengar lagu-lagu instrumen Mas, kalau instrumen paling cuma yang klasik aja buat tidur hehehe

      Delete
    3. biasanya sih sering ndengerin sbelum tidur, tp pd akhirnya percuma... lah belum habis lagu pertama udah ngimpi duluan... :D :D

      Delete
  2. Mantap mas . lagu lagunya
    keren keren semua...

    ReplyDelete
  3. saya sukanya kitaro mas
    instrumentalnya mantap banget
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba juga yg lainnya, mas. gak kalah keren kok.

      Delete
  4. wah sama seperti saya dong, lebih betah sama musik instrumen daripada lagu yang pake lirik. memang sih lagu-lagu pop terbaru ada di hp saya (biar gak ketinggalan jaman), tapi musik yang akan saya putar terus adalah musik instrumen James Horner.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah dengar sih. tp nt coba tak googling.

      Delete
  5. saya lebih suka lagu j-pop dan melayu mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl dnger lagu melayu jd inget masa es-em-pe saya, mas... :)

      Delete
  6. wah kalo saya paling yang terakhir mas pavoritnya hehe...

    ReplyDelete
  7. kalau saya boleh menambahkan, Kenny G sangat recommended gan

    ReplyDelete
  8. paling saya suka kitaro.. memang tenang mendengar aluann muzik instrumennya.. :D

    ReplyDelete
  9. pernah dengar Vanessa Mae, aja...yg lainnya blm pernah, soalnya saya penyuka lagu pop, bang, hehe

    ReplyDelete
  10. Wah kalau sy tdk begitu suka musik mas...sp setua ini tdk ada satupun lagu yang sy hafal selain Indonesia Raya...hehe...atau paling2 lagu2 anak2 balonku ada lima.....sy lbh senang kesunyian, suara alam atau murotal Al-Quran...jd sy g tau pemusik2 diatas mas...mgkn prnh lihat di TV Vanesa Mae sj...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, indonesia raya malah mungkin gak hafal saya...

      Delete
  11. Sama dengan misuaku pak, sukanya instrumen.. kayaknya laptopnya penuh dengan Kitaro, kalau aku sih lihat mood dulu :p

    ReplyDelete
  12. mantep jaya gan blognya,, ^_^

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Foto Idris Sardi dan WR Soepratman kok gak ada ya mas? hehehehe.
    Postingan yang mantab. saya suka Bond, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. h-hee, kebetulan yg lokal saya kurang kenal, mas.. ^_^

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!