Monday, March 3, 2014

ujungkelingking - Untung Rugi Komentar Moderasi


Comment moderation atau moderasi komentar adalah fitur yang memungkinkan kita mengontrol atau menfilter komentar-komentar yang masuk pada artikel di blog kita.

Dengan melakukan moderasi pada komentar membuat kita dapat memilih mana komentar yang layak ditampilkan dan mana komentar yang tidak perlu dimunculkan. Dengan cara ini kita dapat mencegah komentar-komentar yang tidak etis, berbahasa kotor, link keluar, ataupun serangan-serangan spammer.

Moderasi komentar
Image: 123rf.com


Akan tetapi di sisi lain, penggunaan moderasi ini juga bisa merugikan kita selaku pemilik blog. Setidaknya ada 2 (dua) kerugian yang akan muncul setelah peng-aktif-an fitur ini:

1. Menutup pintu diskusi


Bagaimana bisa berdiskusi, kalau setiap komentar kita harus menunggu persetujuan dari pemilik blog? Iya kalau pemilik blognya lagi online, mungkin komentar kita bisa langsung dimunculkan, lalu kemudian terjalin diskusi. Jika tidak? Atau adminnya baru online nanti, padahal kita sudah tidak "menunggui" blog tersebut?

2. Mengurangi jumlah komentator


Percayalah, tidak semua pengunjung blog kita hanya akan berkomentar satu kali atau berkomentar sendiri-sendiri. Bisa saja mereka ingin mengomentari komentar dari komentator lain, sehingga bisa terjadi obrolan di antara sesama komentator. Lah kalau komentar yang lain belum muncul karena belum di-approve, akhirnya mereka hanya akan berkomentar masing-masing sekali saja.

***

Namun bagaimanapun juga semua ini adalah hak mutlak admin pemilik blog. Sang pemilik blog tentu lebih paham apa yang diperlukan bagi blognya. Setelah menimbang beberapa kerugian di atas -apalagi bila kita memang terus online- tidak jadi soal kalau ingin tetap menerapkan moderasi komentar pada blog kita.

Salam.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, March 03, 2014
Categories:

29 comments:

  1. ternyata banyak ruginya ya mas, makanya saya sudah lama ga pake moderasi ini....

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah nyoba ni mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga blum pakai, cuma ini berdasarkan pengamatan dr blog2 lain yg kebetulan pakai.

      Delete
  3. Saya tidak pakai moderasi mas, capek nungguin letetnya modem saya. .haha

    ReplyDelete
  4. saya memlih untuk mendelete komentar yang tidak dikehendaki, daripada harus memoderasinya. Tapi saya menghargai teman-teman yang masang moderasi .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat. Yg tahu kebutuhan blognya kan mmg sang admin ya?

      Delete
  5. ada cara yang lebih bagus sebenarnya daripada memoderasi komentar :)

    ReplyDelete
  6. Malam Mas Pri,. kalau menurut pendapat saya maaf nih sebelumnya
    Alangkah baik tidak usah memakai system modersi pada komentar blogger
    Mas Pri, karena Blogger paling aman dari apa yang di uraikan Mas diatas
    Kecuali platform lainya, sekarangkan ada script filter komentar untuk blogger
    Dari serangan spma junk dan lainya yang merugikan si pemilik blog, makasih :)

    ReplyDelete
  7. wah, nyindir punya saya nih ...wkwk....klo saya pake moderasi soalny bnyk yg komen yg ngiklan dan bnyk komen yg berbau sara, dan ketika tdk sy buka mka berkembang mnjadi diskusi konyol...itu bbrapa x terjdi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. H-hee, sbnarnya ada sih satu blog (bukan punya njenengan) yg ketika saya ingin berdiskusi tp dia pasang moderasi, jdnya langsung ilfil deh.

      Kl punya kang Zeer kl mmg sprti itu, pasang moderasi mmg lebh aman.

      Delete
  8. hai Pak Pri....maaf belum baca artikelnya, namung mampir sekedar silaturahmi mriki Pak...

    ReplyDelete
  9. Saya sangat setuju sekali pendapat anda tentang diskusi. Saya pernah berkunjung ke satu blog, kolom komentar yang di moderin. Haduh, saya langsung kecewa. Dalam pikiran saya, bagaimana saya tahu jawaban dari pertanyaan saya sedang komen saya belum tentu di muat. Hem…

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga yg mndasari saya mmbuat tulisan ini.

      Salam, mbak Yani.

      Delete
  10. Saya lebih suka tanpa moderasi mas biar yg lain bisa leluasa berkomentar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga. Untungnya smpe saat ini tidak ada komentar yg merugikan saya :D

      Delete
  11. Tapi buat yang takut spam moderasi lebih baik daripada pasang kode chapcay mas hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs jd alternatif, meski saya yakin beberapa blogger juga kurang nyaman dg ini.

      Delete
  12. Kalo blog rame gak masalah di moderasi tp kalo masih sepi jangan dulu kynya.

    ReplyDelete
  13. Apalagi yang ditambah captcha ya mas weleh langsung melengos saya...adalagi yang ditambahin iklan pop up ++ nya banyak malah tambah ilfil kalau seperti itu kayaknya menutup pertemanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. captcha juga bertingkat rupanya, ada yg tulisannya gampang kebaca smpe susah jd bolak-balik terus...

      Delete
  14. ternyata ada untung rugi nya ya mas mensetting komentar termoderisasi. Untung saja blog saya nggak disetting seperti itu hehe :D

    ReplyDelete
  15. sebenernya sih saya juga gak mau pakai moderasi mas, Tapi penyaringan komentar yang tidak pantas juga lumayan banyak. untuk sekarang ini saya hanya pakai moderasi, Tapi tidak pakai chaptha

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!