Monday, March 17, 2014

ujungkelingking - Sembuhlah, Nak!


Beberapa hari yang lalu suhu tubuh Zaki naik. Namun tidak sampai terlalu tinggi, dan alhamdulillah pagi harinya sudah turun kembali.

Keesokannya, giliran si Daffa yang panas. Paginya agak turun, malam harinya kembali naik... dan tetap "stabil" di kisaran 39° C lebih! Dan pada bagian bawah telinga Daffa muncul benjolan (baca: kelenjar) yang katanya terasa sakit. Tanda ini sama seperti Zaki waktu panas kemarin, hanya sekarang sudah hilang.

Sebenarnya, untuk mengantisipasi panas yang semakin meninggi, saya bisa saja membelikannya parasetamol. Namun karena ceramah pada khutbah Jum'at kemarin mengatakan bahwa parasetamol yang mengandung alkohol -meski hanya 5%- dihukumi haram, maka saya mencoba menahan diri untuk tidak membeli obat tersebut.

Kaidah fiqh yang digunakan adalah bahwa apa yang jumlah banyaknya memabukkan, maka jumlah sedikitnya-pun tetap haram.

Langkah alternatif yang saya lakukan kemudian adalah searching gejala penyakit tersebut via google. Tentu ini langkah yang bodoh. Dan saya tidak akan menyarankan teman-teman untuk melakukan hal yang sama. Lebih baik dibawa ke klinik atau dokter untuk pemeriksaan yang lebih akurat. 

Dari beberapa situs yang saya temukan, dengan melihat kesamaan gejala yang ada, saya menduga kalau Daffa terserang (virus?) Roseola. Nama yang cantik untuk sebuah penyakit.

  • Seperti disebutkan di beberapa situs tersebut, yang rentan terpapar virus ini adalah balita usia 6 bulan hingga 3 tahun.
  • Masa inkubasi (antara awal terpapar virus hingga terlihat gejalanya) sekitar 5-15 hari.
  • Ketika sudah terkena, gejala yang muncul adalah panas tinggi secara mendadak, sekitar 39,4°-40,6° Celcius.
  • 5-10% balita akan mengalami kejang demam (steup). Pada Daffa hal ini hanya berlangsung sekejap saja.
  • Panas akan berlangsung tetap antara hingga 3-5 hari.
  • Pada hari keempat biasanya panas akan turun. Inilah yang agak melegakan saya.
Dan dari situs-situs tersebut disebutkan bahwa proses penyembuhannya hanya memerlukan parasetamol dan istirahat yang cukup.

Saya kemudian teringat sebuah catatan dari naskah-naskah dan manuskrip kuno (#halaahh) bahwa parasetamol alami -salah satunya- terdapat pada buah pepaya. Karena Daffa yang masih ngempeng, jadi buah pepaya yang saya beli sebagian agar dimakan ibunya, sebagiannya lagi akan dibikin jus untuk Daffa. Namun karena Daffa-nya juga gak mau, akhirnya ibunya juga yang ngabisin.

Alhamdulillah, memasuki hari kelima, kondisi Daffa sudah mulai normal kembali. Terbukti dengan celotehannya yang semakin banyak dan bertambah kosa-katanya.

Ultraman, berubah!
Jreng, jreng...!!!
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, March 17, 2014
Categories:

39 comments:

  1. Replies
    1. aamiin.

      makasih, om... ^_^

      Delete
    2. Kami sekeluarga di Pontianak, Kalimantan Barat, juga mengucapkan banyak Terima Kasih

      Delete
  2. Wah Dede Daffa lagi sakit yah Mas Pri, harus extra waspada yah Mas
    Mengurus Balita, sangatlah peneuh dengan kesabaran dan Ke Ikhlasan yah Mas?
    Semoga Putra nya Mas Pri lekas sembuh seperti sedia kala (Amin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ini lg kena sariawan, jd susah makannya. semoga cepet disembuhkan juga.

      aamiin.

      Delete
  3. semoga segera baikan lagi :-)

    ReplyDelete
  4. hehe ketularan ya mas kalau ada apa2 tanyanya ke mbah google..semoga istrinya nggak ikut nanya ke si mbah..tapi menurut saya pribadi pelukan ibu beserta kasih sayangnya adalah obat yang paling ampuh

    ReplyDelete
  5. wiih,emang harus bener-bener jeli ya om buat tahu informasi sakitnya si kecil, semoga lekas sembuh

    ReplyDelete
  6. @all:

    trims atas dukungan doanya. semoga kita dan keluarga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan.

    aamiin.

    ReplyDelete
  7. saya baru tahu ternyata ultraman adalah anak dari Mas Pri hehe, semoga cepat sembuh ya nak, biar bisa mein sama papa lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, mas. mmg harus menyamar biar gak ketauan sm pak penjahat... :)

      Delete
    2. hahaha semoga penjahatnya gk tau ya :)

      Delete
  8. semoga cepat sembuh ya

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah akhirnya sembuh juga meskipun dengan pengobatan yang aman dari bahan yang mengandung zat haram ya mas

    ReplyDelete
  10. baru tahu kalau rosela tu nama virus,, semoga lekas sembuh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bener roseola, mas. kl rosela lain lagi... kyknya itu nama bunga ya? :)

      Delete
  11. Semoga cepat sembuh
    Dan sehat kembali selalu

    :)

    ReplyDelete
  12. semoga cepet sembuh seperti sedia kala :)

    ReplyDelete
  13. syukurlah kalau sudah agak sehat, melihat anak kecil sakit rasanya jadi nggak tega..

    ReplyDelete
  14. senangnya sudah bisa sehat.. klo aku dulu panas naik turun karena kena penyakit campak.. semoga anak agan selalu diberi kesehatan sama allah ya :)

    ReplyDelete
  15. Semoda Daffa bisa pulih seperti semula. Keep spirit n smile :-)

    ReplyDelete
  16. Syukurlah uda sembuh.. Mungin haus lebi dijaga om kesehatana hehe

    ReplyDelete
  17. Yuhhuu foto nya kayak Ultraman ya mas .. hehe
    Moga cepat sembuh yaa :)

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya Mas Daffa sudah kembali normal dan bisa bermain lagi.

    Salam

    ReplyDelete
  19. Semoga lekas sembuh total yah Daffa...

    ReplyDelete
  20. mengamati cuaca yang tak menentu, kadang panas kadang hujan memang menjadi rentan bagi anak. Semoga anak anak bapak cepat sembuh ya :)

    ReplyDelete
  21. @all:

    Semoga kita senantiasa berada dlm rahmat dan lindungan-Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah... semoga penyakitnya tak kembali lagi

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!