Tuesday, March 4, 2014

ujungkelingking - Infeksi Saluran Ginjal, Penyebabnya Ternyata Sepele!


Kabar tidak mengenakkan datang dari salah seorang rekan kerja saya di pabrik. Putranya yang baru kelas 3 SD terpaksa harus menjalani rawat inap di rumah sakit, mulai Rabu (26/02/14) kemarin. Informasinya, putra teman saya tersebut didiagnosis menderita infeksi saluran ginjal.

Penyebab penyakit ini, seperti yang diceritakan oleh teman saya, adalah karena putranya terlalu sering meminum minuman berperisa, minuman penyegar, atau minuman berserbuk rasa buah.

*Mengenai merk minuman-minuman tersebut kita cari daftarnya di google dengan kata kunci, misalnya: "Daftar minuman berbahaya", dsb.

Zat berbahaya
Image: 4li-m4sykur.blogspot.com


Aspartame?


Seperti yang sering kita baca dari sumber-sumber kesehatan, bahwa minuman-minuman instan seperti itu biasanya mengandung suatu bahan bernama aspartame.

Aspartame dikatakan dapat memberikan efek manis hingga 200 kali lebih kuat daripada gula biasa. Barangkali inilah yang menyebabkan banyak produsen memilih menggunakan bahan ini sebagai upaya untuk menekan biaya produksi.

Meski juga disebutkan bahwa zat ini masih aman untuk dikonsumsi manusia -karena pada faktanya konsumsi kita akan zat ini perharinya hanya sekitar 10% dari batas wajar yang ditetapkan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika- namun di sisi lain, ia bisa berdampak buruk bagi kesehatan (bahkan seorang teman menggunakan bahan ini sebagai pestisida untuk membunuh semut). Beberapa bahaya dari minuman yang mengandung aspartame (yang saya ambil dari beberapa sumber) antara lain berupa pengerasan otak, gangguan pada ginjal, pencetus kanker, dan gangguan lain seperti migrain, kejang-otot, obesitas, kecemasan, gangguan bicara, gangguan pendengaran dan indera pengecap, susah mengingat, dsb.

Meski kemudian saya sendiri tidak bisa membuktikan mana dari kedua statement ini yang benar, akan tetapi bagi saya ketika suatu makanan/minuman itu sudah menjadi kontroversi publik, sebaiknya kita mulai menjaga diri dan orang-orang yang kita sayangi dari makanan/minuman tersebut.

***

Melalui postingan ini juga saya minta agar rekan-rekan blogger dapat mendoakan kesembuhan untuk putra dari teman saya tersebut. Agar diberkahi rejeki mereka dan rejeki kita semua. Dan mudah-mudahan Dia yang Maha Kaya dan Perkasa akan memberikan balasan yang lebih baik untuk kita semua.
 
Aamiin.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Tuesday, March 04, 2014
Categories:

44 comments:

  1. kalau adik sepupu saya dulu sering banget minum es mas sampai kelewat jadinya lulus sekolah kena tipes...sebenaranya memang harus bisa jaga diri sendiri
    Ikut nyumbang doa moga cepat sembuh sepertisedia kala

    ReplyDelete
  2. waduh jadi takut ya mas saya mau minum - minuman yang berperisa, seperti teman kerja saya mas, kejadianya begitu juga, tiap kali minum harus aja meminum minuman yang bersuplemen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala yg terus-terusan bs bahaya, mang...

      Delete
  3. minuman instan memang sesaat memang menyenangkan dan menyegarkan, tapi dibalik itu sangat mengerikan :(

    ReplyDelete
  4. Meskipun saya sadari minuman instan yang beredar di sekitar kita cukup berbahaya buat tubuh kita, jika dikonsumsi terus menerus. Paling tidak mas pri sudah mengingatkan saya dan teman-teman lainnya melalui postingan ini, thanks infonya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya mulai skg dikurangi, mas. Jgn nunggu sakitnya muncul...

      Delete
  5. Selamat sore Mas Pri ternyata serbuk minuma Berferis pemicu penyakit
    Yang Berbahaya yah Mas Pri. jadi tau, dan bisa saya kasih tau pada anak saya
    Agar lebih hati-hati makasih Mas Pri, salam hangat *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mas Saud dan keluarga, serta rekan-rekan blogger lainnya selalu diberikan kesehatan. Aamiin.

      Delete
  6. wah iya tuh, minuman seperti itu udah banyak diliput media juga, mengenai bahayanya.
    atau bisa juga dipicu kurangnya asupan air putih yang bisa secara alami menjadi pembersih ginjal, yang lebih sepele tapi bahaya adalah nahan air kencing, kalo kelamaan bisa keracunan tuh kang. *halah banyak ngomong*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp smpeyan bener, mas. Kasus putra teman saya itu memang krn kebanyakan minuman instan sprti itu juga diperparah dg kurang minum air putih.

      Delete
  7. Haduh, naudzubillah mindzalik deh :D

    ReplyDelete
  8. Ami.........n mudah mudahan putra dari teman mas Pri dapat sehera sembuh dan diberkahi rezeki yang halal.

    Benar mas Pri minuman minuman yang beredar sekarang memang penuh dengan tanda (?) katanya buat kesehatan gak taunya ujung ujungnya berbalik juga, saya dari dulu memang kurang begitu senang mas mengkonsumsi minuman minuman suplemen seprti yang di tv tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah. namanya juga bhs iklan, mas... biasanya hiperbola. Pinter2nya kita (konsumen) deh.

      Delete
  9. Makana juga dong mas pri. .kayak mie gitu. .

    ReplyDelete
  10. Minuman instant contohnya seperti apa tuh Mas Pri...??? Apa air mineral juga termasuk ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. air mineral kyknya gak ada kandungan pemanisnya kan, sob?

      Delete
  11. Kita harus bisa menjaga pola makan kita. Dan untuk anak rekan anda semoga cepat sembuh.

    ReplyDelete
  12. doakan semoga putra cepat sembuh.. minuman instant memang tidak bagus untuk kesihatan kerana kandungan gula dan chemical yang tinggi..

    ReplyDelete
  13. aaaamiiiin....turut pula mendo'akan untukputra temen kantornya, semoga disegerakan sehat dan ceria kembali seperti semula, dan seluruh keluarganya diberi keberkahan-NYA.
    terimakasih sudah mengingatkan tentang minuman serbuk yang banyak dikonsumsi Balita, karena mereka tertarik dengan warna....langsung ke tekape buat jadi pengetahuan, minuman apa azh yang mengandung Aspartame...
    nuhun nya'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali lg dinas BPOM masih menyebut kandungan ini aman, tentu dlm batas wajar. Tp bt saya sih, lebih baik dihindari, kang.

      Tq. Aamiin bt doanya.

      Delete
  14. harus lebih berhati-hati ya sob

    ReplyDelete
  15. minuman soft drink masuk kategori nggak mas? kaya spiritus, cola cola dan sejenisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spiritus bukan minuman kali, mas... :D :D :D

      Kl kyk coca-cola mungkin lbih ke minuman berkarbonasi... bs coba googling sob.

      Delete
  16. Semoga segera diberikan kesembuhan dan sehat seperti sedia kala. Air mineral memang lebih baik yaaaa :)

    ReplyDelete
  17. aduhh iya, makasih informasinya.. jaman sekarang semua jenis minuman beragam sekali. serba instan tentunya cenderung punya bahan2 yg tdk sehat buat di konsumsi secara rutin. sekarang mudu lebih hati2 utk memilih minuman ato makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai jaga diri dan org2 di sekitar kita ya, mas.

      Delete
  18. serem juga nih kalau kena infeksi ginjal seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan serem lagi, mbak. Kl anak kecil yg kena, malah lebih kasihan lagi kan?

      Delete
  19. waduh, mas. Sampai sekarang saya belum juga jera meminum-minuman suplemen. membaca akibatnya timbul juga rasa ngeri. Terima kasih sharenya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya mulai dikurangi Uda. Ganti dg air putih aja, sm makan yg banyak h-haa...

      Delete
  20. Kalau orang dewasa apa masih bisa terinfeksi mas.? Soalnya saya sering minum minuman instan mas. Termasuk yang berbentuk serbuk dalam kemasan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun kl berlebihan psti ada dmpaknya, mas. Mslah bakal kena infeksi atau tidak wallahu a'laam. Tp bukankah mencegah itu lebih baik drpd mengobati? ^_^

      Delete
  21. smoga lekas sembuh dan sehat, aamiin
    makanan alami lebih baik, dan air putih lebih menyehatkan

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!