Saturday, April 12, 2014

ujungkelingking - Kenapa Air Laut Terasa Asin?


Sebenarnya ini adalah sebuah dongeng sebelum tidur, yang pernah diceritakan bapak saya dulu. Mungkin ada perbedaan dengan cerita yang sejenis. Namun pesan moralnya-lah yang penting. Jadi cerita ini adalah versi bapak saya. ^_^

Kalau teman-teman tertarik untuk mengetahui kenapa air laut terasa asin, silahkan menyimak... (gak boleh rame sendiri, ya...)

***

Dahulu kala, di sebuah desa yang amat terpencil, hiduplah seorang laki-laki. Laki-laki ini tidak punya keluarga. Di gubuk yang amat sangat sederhana itu ia tinggal seorang diri. Namun meski begitu laki-laki ini tak pernah terlihat kesusahan. Walau tidak jelas apa pekerjaannya, akan tetapi seluruh kebutuhan sehari-harinya nampak sangat tercukupi.

Hal inilah yang kemudian membuat salah seorang tetangganya menjadi curiga. Apa gerangan yang membuat laki-laki itu tidak pernah kekurangan?

Maka pada suatu hari, si tetangga ini mencoba mengintip ke dalam gubuk si laki-laki. Saat itu si laki-laki seperti hendak memasak nasi. Namun tidak tampak ada beras atau makanan lain yang akan dimasak di sana.

Tak berapa lama, si laki-laki mengeluarkan sesuatu dari bawah tempat tidurnya, sebuah lesung/lumpang dari besi. Namun lesung ini bukan sembarang lesung. Lesung ini adalah sebuah lesung ajaib. Ia bisa mengeluarkan segala macam benda dari dalam lubangnya. (Jadi inget kantong ajaibnya Doraemon, ya...)

Si laki-laki kemudian berkata kepada lesung ajaib untuk memberinya segenggam beras. Ajaib... dari dalam lesung itu langsung mengucur butiran-butiran beras. Setelah dirasa cukup, si laki-laki menghentak-hentakkan lesung itu ke tanah sebanyak tiga kali. Dan lesungpun berhenti mengeluarkan beras.

Melihat kejadian ini si tetangga menjadi tahu rahasia si laki-laki. Timbullah sifat irinya untuk memiliki lesung tersebut.


Saat yang dinantikanpun tiba. Si laki-laki sedang pergi keluar untuk beberapa waktu. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh si tetangga yang segera masuk untuk mencuri lesung tersebut. Karena takut lesung itu direbut kembali darinya, maka si tetangga kemudian pergi meninggalkan desa. Ia berencana pergi ke pulau lain dengan menumpang sebuah kapal dagang.

Di atas kapal itulah si tetangga menggelar pesta untuk merayakan keberhasilannya mencuri lesung besi milik si laki-laki. Acara makan-makan bersama seluruh awak kapalpun digelar. Akan tetapi sayang sekali, juru masak mengatakan kalau ia kehabisan garam. Maka dengan bangga si tetangga yang iri mengeluarkan lesung ajaibnya. Ia kemudian berkata kepada lesung ajaib untuk memberinya garam.

Maka keluarlah garam dari dalam lesung besi tersebut. Setelah dianggap cukup si tetangga menghentak-hentakkan lesung itu tiga kali ke lantai kapal. Namun garam tidak mau berhenti. Garam itu keluar... dan terus keluar. Si tetangga yang iri dan para awak kapal, panik. Di atas kapal tidak ada tanah untuk menghentikan lesung.

Garam itu keluar... terus dan terus...

Hingga memenuhi badan kapal...

Kapalpun terbalik dan tenggelam. Sementara lesung ajaib tetap mengeluarkan garamnya...

Itulah kenapa air laut sekarang menjadi asin rasanya.


Kenapa air laut asin?
Image: wowkeren.com


Pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah...

"Jangan pernah membawa banyak garam di atas kapal."
#Halahhh...
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, April 12, 2014
Categories:

20 comments:

  1. Selamat malam Mas Pri, sebuah dongeng yang belum saya tau nih
    Asal-usul air laut yang asin, ternyata ada sejarahnya yah Mas makasih
    Atas dongeng yang menambah pengetahuan saya Mas Pri :)

    ReplyDelete
  2. Bersyukur saya dapat Pertamax di artikel Dongeng tentang air laut yang asin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah, mas... cepet dibungkus pertamaxnya... keburu bocor...

      Delete
  3. Aku kira karena air laut kecampur keringat ikan yg pada berenang mas, hehehe

    ReplyDelete
  4. Kalau manis entar di kira cendol mas.. Hahahaha

    saya baru tau cerita ini mas.. Suwer deh mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jd bahan bt dongenging ponakan, mas... :)

      Delete
  5. gambarnya kapten jack sparrow hehe, OOT hehe
    ceritanya seru juga pak, ternyata dari lesung ajaib ya keluar garam

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya susah nemu gambar yg cocok... ^_^

      Delete
  6. berarti sebelumnya air laut itu gk asin ya Mas Pri...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu, mas... kan saya belom lahir??

      #alesan

      Delete
  7. Wah, kena batunya si tetangga yang suka iri dan dengki atas kelebihan orang lain...

    ReplyDelete
  8. klo boleh saya tambahi pesan moralnya: banyak-banyaklah membawa gula di atas kapal :D :D

    ReplyDelete
  9. sayang bukan gula yang diminta ya mas hehe..
    betul mas tiap orang pasti telah diciptakan dengan keistimewaan/bakat yang tidak sama

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!