Wednesday, April 16, 2014

ujungkelingking - DUA!


Alhamdulillah, hari ini tanggal 16 April 2014 tepat dua tahun usia Daffa.

Di antara sekian perkembangannya, ada satu yang masih ngganjel buat saya. Yaitu Daffa masih belum bisa mengucapkan degan sempurna kata-kata sederhana (mis. "a-yah", "bo-la", dsb). Sebagai orangtua tentu ada sekelebat kekhawatiran di hati.


Akan tetapi setelah membaca Home Schooling karya Maulia D. Kembara M.Pd., saya menjadi lega. Pasalnya di buku tersebut disebutkan poin-poin apa saja yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh anak pada usia tertentu. Untuk usia 1-2 tahun ada 17 poin parameternya, misalnya mengobrak-abrik laci, keranjang baju, dsb. Dan di antara ke-17 poin itu hanya 1 poin saja yang Daffa belum menguasai dengan sempurna, yaitu menyebutkan nama benda sederhana ("a-yah" cuma diambil "yah"-nya saja, "bo-la" cuma dapat "la"-nya saja).

Minus satu poin ini oleh penulis buku tersebut sudah dimasukkan ke dalam kategori perkembangan memuaskan atau normal.

Satu lagi perkembangan Daffa yang menggembirakan adalah, dia sudah resmi tidak netek ibunya lagi. Proses menyapihnya-pun terbilang cepat. Hanya butuh waktu sekitar seminggu-an saja. Sama seperti kakaknya dulu. Padahal ibunya juga tidak menerapkan langkah yang aneh-aneh. ^_^

Daffa
Hei, ada apa ya di atas sana?
Sebaiknya aku naik agar bisa lihat lebih dekat!


***

Daffa'ul Haq Azka Muhammad
(Pembela kebenaran yang suci dan terpuji)

Ya Allah, pemilik segala keselamatan...

Selamatkan anak-anak kami dengan agama ini.
Jadikanlah anak-anak kami pembela agama-Mu.
Kuatkanlah kaki-kaki mereka.
Dan jangan biarkan mereka tergelincir kepada kehancuran.

Ya Allah, pemilik segala kesehatan...

Berikanlah kepada anak-anak kami kesehatan, yang membuat mereka dapat optimal menjalankan perintah-perintahMu.
Jika harus sakit, maka jadikan rasa sakit itu sebagai pengingat dan penebus dosa-dosa mereka.

Ya Allah, pemilik segala ilmu...

Karuniakanlah kepada anak-anak kami ilmu yang bermanfaat.
Ilmu yang menjadikan mereka semakin berendah diri, bukan angkuh dan keras kepala.
Jadikanlah ilmu itu sebagai pengangkat derajat mereka agar mereka lebih mudah men-syi'arkan agama ini.

Ya Allah, pemilik segala kekayaan...

Anugerahkanlah kekayaan yang berkah kepada anak-anak kami.
Kekayaan yang tidak menjadikan mereka sombong dan lupa diri.
Kekayaan yang menjadikan mereka lebih empati kepada sesamanya.

Ya Allah, pemilik segala yang di langit dan di bumi...

Jadikanlah kami, anak-anak kami, dan orang-orang yang ada di jalan-Mu agar menjadi orang-orang yang senantiasa bersyukur.
Jauhkanlah amal-amal kami dari sifat riya' dan sum'ah, dari sifat ujub dan sombong.

Dan, karuniakanlah kepada kami anak-anak yang shalih-shalihah.

Rabbii hablii mina 's-Shaalihiin... Rabbii hablii mina 's-Shaalihiin... 

*Aamiin...
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Wednesday, April 16, 2014
Categories:

18 comments:

  1. lho kok selisih 3 bulan saja dengan Hayyu anak saya mas..tapi sudah bisa berucap bapak, ibuk , sampun, ngengek kalau R belum bisa, kalau S sudah jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas.. sejak awal sdh terlihat kl Daffa bagus di motorik kasar. cara pegang apapun, mantab. beda dg kakaknya yg meremas kertas aja masih susah...

      Delete
  2. Wah, lagi ultah nie dedek Daffa...Selamat ultah ya, semoga sehat selalu. Papa Pri semakin semangat bekerja dan ngeblog...hehehe.

    ReplyDelete
  3. nama anaknya bagus banget mas, semoga kelak akhlaknya juga sebagus namanya..amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. insya Allah, mas.

      Delete
    2. semoga menjadi anak sholeh yang menyejukkan pandangan orang tua

      Delete
  4. wah selamat ultah Daffa smg mjd anak soleh dan pintar
    anak saya juga bulan ini ultahnya hehe

    ReplyDelete
  5. Perkembangan yang sangat berbahagia ya mas :)


    Perasaan saya sudah follow blog nya ya tapi ngga keluar di dashbor blog, yaudh saya follow lagi :D
    Ditunggu follow baliknya mas..

    ReplyDelete
  6. Selamat ya Mas, semoga panjang umur dan sehat selalu, amin....

    ReplyDelete
  7. aamiin...selamat ulang tahun buat daffa
    semoga menjadi anak yg soleh, pintar, sehat selalu, dan berbakti pada orang tua kelak...aamiin

    ReplyDelete
  8. Wah kalau itu sih biasa mas. Tetangga saya malah ada yang sampai umur 3 masih ada kata kata yang belum bisa di ucapkan secara sempurna hehehehe

    ReplyDelete
  9. selamat ulang taun de daffa , sehat selalu dan selalu menjadi kebanggaan orang tua nya amin

    ReplyDelete
  10. @all:

    Trims atas doanya. doa yg sama utk teman2 semua.

    ReplyDelete
  11. nama yang bagus ya mas pri
    semoga menjadi anak yang baik dan berguna bagi sesama
    amien

    ReplyDelete
  12. wah daffa sdh gak netek ibunya ya mas, hmmm menggemberiakan sekali ya mas sehingga ibunya gak repot2 neteki lagi :D semoga Daffa kelak menjadi anak yg berguna bagi nusa bangsa dan agama serta berbakti kpd kedua org tua, amin :)

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!