Thursday, January 30, 2014

ujungkelingking - Arti "Demokrasi" Bagi Zaki


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti dari kata demokrasi adalah,

de·mo·kra·si /dĂ©mokrasi/ n Pol 1 (bentuk atau sistem) pemerintahan yg seluruh rakyatnya turut serta memerintah dng perantaraan wakilnya; pemerintahan rakyat; 2 gagasan atau pandangan hidup yg mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yg sama bagi semua warga negara;

Namun alih-alih membahas definisi tersebut, tulisan ini hanya mencoba menjawab apa arti dari kata "demokrasi" menurut anak saya yang belum genap berusia 4 tahun.

***

Sore itu, seperti biasa Daffa sedang sibuk bermain dengan mainannya. Dan seperti biasanya muncul pula tingkah usil Zaki dengan merebut mainan adiknya. Adiknya pun tak mau kalah dengan tetap mempertahankan mainannya.

Sang kakak akhirnya berhenti berbuat usil. Memang lebih baik mainan itu dipakai bersama. Dengan wajah polosnya sang kakak bilang ke adiknya, "Mainannya berdua saja, ya? Kita berbagi. Kita kan demokrasi."

Jadi, arti kata demokrasi bagi Zaki adalah, bermain bersama-sama.

Lagi mikir mau bikin kosakata apalagi ya?

Lagi menunggu Ayah pulang
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Thursday, January 30, 2014
Categories:

28 comments:

  1. jadi kalau bapake dan ibuke bermain berdua di kamar itu sedang berdemokrasi ya.
    sabar ya daffa ayah pulang bawa duren, tuh di pasar krian banyak penjual duren,
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu'e gak suka duren, mas... saya juga lebih suka nangka...

      masalah ber-demokrasi di kamar itu urusan internal partai, mas.. h-haa...

      Delete
    2. antar partai satu dengan partai lainnya harus akur tidak boleh main money politics...
      nangka juga banyak di pasar krian, hehehe tadi pas di sepur lihat pasar krian kok sudah ramai banget ya

      Delete
    3. tanggal muda itu bargkali, mas.

      Delete
    4. asik nih belah duren heheheh

      Delete
    5. Kalau demokrasi Macam begini mah Ga hanya Partai Besar Sajah Yang Berperan Partai Tambahan (tanduk alit) menjelang pagi juga berperan.

      Delete
    6. ijin nyimak artikel yang menarik wkwkwk

      maaf pak, saya izin nimbrung ya hehe

      Delete
  2. anak2 mas pri lebih paham demokrasi ya..
    bisa diterapin di DPR, biar akur :)

    ReplyDelete
  3. zaki memang pintar, kek bakalan lebih pintar dari papanya, hehehe
    slm buat zaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekaligus lebih shalih ajalah, pak. aamiin.

      Delete
  4. Lucu tuh mas hehe... btw templatenya baru nih.. kalo gak salah namanya modern ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. H-hee, modern style, mas... Tp agak lemot ya?

      Delete
  5. oooh begitu ya mas, berarti kalau lagi pacaran makan sepiring berdua itu namanya demokrasi ya hehehehe.... jempol deh buat anaknya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti saya pacaran dong mang, lha wong kalau makan suka sepiring berdua

      Delete
  6. Saya ikuta Berdemokrasi Namun bersama akh biarseru kalau
    Berdua saja kuran Jreng deh salam sukses Mas Pri..:)

    ReplyDelete
  7. Kaitannya demokrasi ala zaky dan demokrasi yang benar apa nih..
    Zaki si polos baik hati dan pandai berbagi. Semoga besar jadi pemuda yang bijaksana untuk semua orang ya ?
    Salam hangat buat bunda dan zaki.

    ReplyDelete
  8. Yah ya yah.. Kudu Belajar Pada Zaki ini Para Politisi

    ReplyDelete
  9. Mantap Mas Pri, kecil-kecil udah belajar demokrasi, anaknya lucu Mas hehehe...

    ReplyDelete
  10. Ini pasti yang ngajari bapaknya ya .. hehehe

    ReplyDelete
  11. # Zakiiii, Daffaaaa...dapat salam dari Mas Zaki...sehat-sehat ya sayang...

    Pak Pri, lha wong ayah ibunya pinter, putrane tentu ngekor dong...eh ngikut maksudnya.

    ReplyDelete
  12. @ALL, mohon maaf krn Jumat-Sabtu-Minggu nganggur sukses di rumah, jd baru bs nongol dimari...

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!