Saturday, November 2, 2013

ujungkelingking - Ketika rekan-rekan memutuskan untuk membuat sebuah blog, maka saya bisa tahu bahwa rekan-rekan memiliki satu kesukaan yang sama yaitu, menulis. Sebuah blog memang adalah sebuah fasilitas bagi kita yang memiliki kegemaran menulis. Namun untuk mengisi sebuah blog atau membuat suatu tulisan di dalamnya tidak cukup hanya mengandalkan suka menulis saja, kita juga memerlukan materi (baca: ide).

Bagi penulis yang sudah pro, materi bukan lagi sebuah masalah. Itu dikarenakan mereka sudah terlatih untuk 'membuat ide' dan bukan lagi 'mencari ide'. Namun bagi penulis amateur seperti saya, ketiadaan ide ini menjadi ganjalan yang cukup berarti, bahkan bisa membuat kita kehilangan gairah menulis. Dampak jangka panjangnya, jika dibiarkan berlarut-larut, bisa menyebabkan kita kehilangan kesukaan terhadap menulis, atau setidaknya kehilangan "kemampuan" kita dalam mengolah kata.

Writer's block, adalah istilah yang secara umum digunakan untuk menunjukkan kebuntuan seseorang dalam menulis. Namun dalam tulisan ini saya tidak menjelaskan seputar ketiadaan materi, akan tetapi lebih difokuskan pada kebosanan terhadap aktifitas menulis.

Daffa lagi bosan

Faktanya, perasaan bosan terhadap aktifitas menulis ini bisa menghinggapi siapa saja. Sepanjang dia adalah seorang manusia maka rasa bosan itu pasti pernah dirasakannya, entah dia seorang yang profesional atau hanya seorang penulis biasa. Kebosanan ini adalah sebuah rasa yang muncul karena,
  • Kita melakukan hal-hal yang sama setiap harinya
  • Atau ada pula yang mengatakan bahwa kebosanan disebabkan karena tidak adanya campur tangan hati, artinya kita sebenarnya tidak benar-benar suka terhadap apa yang kita kerjakan

Nah, karena bagi seorang blogger kesukaan terhadap aktifitas menulis adalah mutlak, maka penyebab kebosanan yang nomor dua di atas bisa kita eliminasi. Dengan kata lain, bagi seorang penulis, kebosanan terjadi hanya karena selalu menulis dan menulis. Segala sesuatu yang dilakukan secara terus-menerus bisa menyebabkan kebosanan, ini hal yang lumrah. Namun -seperti yang sudah saya tulis di atas- hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi rasa bosan ini?

Mengatasi rasa bosan bagi setiap orang tentu berbeda-beda caranya. Namun kalau boleh saya persingkat hanya ada 2 cara saja sebenarnya.

Refresh otak dan tubuh Anda

Tinggalkan dahulu kegiatan tulis-menulis kita. Lakukan hal-hal yang menyenangkan atau hobi kita yang lain, misalnya saja memancing, pergi ke toko buku, menonton film terbaru, berwisata bersama keluarga, atau mengunjungi teman-teman lama.

Dengan melakukan hal-hal di luar tulis-menulis bisa membuat pikiran kita segar. Ini seperti re-charge "baterai" kita. Dan bukan tidak mungkin kita akan bisa membuat sebuah tulisan yang segar sekembalinya kita nanti.

Membacalah

Seperti kita tahu bahwa menulis dan membaca adalah sebuah satu-kesatuan yang saling melengkapi. Seorang penulis fiksi berbakat, Asma Nadia, pernah mengatakan bahwa yang harus dilakukan seorang penulis ketika sedang tidak menulis adalah membaca.

Bagi saya, membaca adalah sebuah kegiatan sederhana untuk mengumpulkan kata atau kalimat yang menarik. Ketika sedang membaca, akan ada kata atau kalimat yang punya greget, gaya bahasa yang unik atau lucu, menggugah semangat, membuat haru, dsb. Dan kata atau kalimat itu bisa kita pakai atau kita kembangkan untuk melengkapi tulisan kita suatu waktu nanti.

Sebagai misal, saya menemukan dan mencatat ungkapan mbak Asma Nadia di atas sekitar 10 tahun yang lalu. Dan akhirnya bisa saya tambahkan di tulisan ini. H-hii...
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, November 02, 2013
Categories:

27 comments:

  1. Bagus, terkadang saya bosan saat ingin menulis artikel blog, karena tidak mempunyai inspirasi sama sekali..

    Tetapi saya akan usahakan agar menghilangkan rasa bosan dengan melakukan hal-hal yang baru :D

    ReplyDelete
  2. kebosanan tak melihat dia pro atau nggk, kebosanan adalah penyakit dari lahir yang tak bisa dihilangkan, terimakasih pak telah mengingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn itu perlu ada kiat-kiat untuk mengatasinya...

      Delete
    2. betul itu..saya juga perlu kiatnya

      Delete
  3. ternyata yg terkadang bosan menulis bukan cuma saya saja ya mas, tp banyak yg nemenin, hehehe :)
    saya mengatasi bosan menulis dan menciptakan ide yg tdk membosankan adalah dengan cara membuat blog gado2, sehingga jika bosan dengan satu topik maka saya bisa menulis topik yg lain, hohoho :)
    jadi aktivitas menulis menjadi hiburan yg menyenangkan dan bukannya menjadi pekerjaan yg membosankan ^_^
    makasih telah berbagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan, blog gado-gado itulah yg juga membuat saya meminimalisir kebosanan, h-hee...

      Delete
    2. setuju mas, selain meminimalisir kebosanan, blog gado2 membuat wawasan kita bertambah luas ^_^

      Delete
  4. Saya kadang kena dampak writer's block juga mas, masalhanya sih biasa waktu ngeblog yang sedikit ditambah ide juga bisa dibilang miskin
    Makasih tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih lebih beruntung krn kl jam kerja masih diperbolehkan ngenet, maslahnya cuma kl pas libur jd off deh... :)

      Delete
    2. Saya kadang bisa juga mas, jam kerja iseng sambil ngenet juga, cuma itu ga focus, kebetulan wi-fi ada terus disini, kalo libur biasanya waktu buat keluarga, malah ga bisa ngenet hehe..

      Delete
  5. Dik Daffa..hati-hati ya Nak, nanti bisa kejlungup lho...hehehe

    kadang menulis malah bisa jadi obat kejenuhan...

    saya hobi membaca, nah menulis adalah adik bungsunya..hehehe

    ReplyDelete
  6. Kalau saya sih paling2 membaca dan melihat anime mas kalau lagi Writer's Block.

    ReplyDelete
  7. bner banget, saya udah lama jarang posting karana udah terkena virus bosen melanda

    ReplyDelete
  8. kalau saya sudah jenuh dan buntu ide , saya akan posting hal remeh yang berkaitan dengan motor. sst..jangan bilang siap siapa ya, ini rahasia diantara kita lho.

    ReplyDelete
  9. karena saya bukanlah penulis handal.. penghalang saya untuk menulis bukanlah kebosanan mas.. tapi ketiadaan ide seperti yang mas pri alami... kalau ada ide sih mau nulis tiap hari pun saya siap mas... hehehe..

    apalagi kalau paket internet habis mas.. wah makin tambah nggak bisa nulis hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahhh, saya kl libur kerja ikutan libur nulis, mas... ^_^

      Delete
  10. Bener bgt gan itu adalah penyakit terberat dlm blogging

    ReplyDelete
  11. Kalau bosan biasanya sya copas artikel2 orang trus saya remake menjadi tulisan yg lebih menarik untuk dibaca ^^

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!