Wednesday, November 13, 2013

ujungkelingking - Kemarin, teman kerja saya yang pengguna BlackBerry mendapatkan pesan berisi pemberitahuan bahwa yang bersangkutan mendapatkan hadiah sebuah mobil mewah. Ragu akan kebenaran berita tersebut, teman saya ini meminta pendapat saya. Saya kemudian meminta teman saya ini menunjukkan pesan yang diterimanya. Harus saya akui kata-kata yang digunakannya cukup meyakinkan sekali. Namun pada akhirnya saya yakin bahwa pemberitahuan ini tidak lain hanyalah hoax atau tipu-tipu belaka.

Saya mencoba menulis ulang secara persis pemberitahuan yang diterima teman saya, lengkap dengan besar-kecil hurufnya dan beberapa typo yang ada, dan kenapa saya yakin bahwa ini bohong-bohongan.

(Yang dicetak warna biru dan bergaris bawah menunjukkan ada link yang nyangkut di sana; yang diberi warna merah ada kesalahan penulisan.)

***

From: BlackBerry®TM
Research In Motion Limited
Nov 12, 2013 3:38 pm

----------Info Resmi----------

Khusus untuk Anda! BlackBerry®TM Indonesia Memberi Selamat Kepada Pemilik PIN BlackBerry®TM (2ab73xxx) Anda yang Beruntung Memenangkan Hadiah Langsung  (1 Unit Mobil Toyota Alphard new 3.5g)

Sebenarnya ketika melihat No. PIN yang diganti dengan 'xxx', saya sudah merasa aneh. Namun karena saya bukan pengguna BB saya berpikir mungkin hal itu dilakukan RIM untuk menjaga kerahasiaan PIN penggunanya.

Karena itu saya lalu meminta teman saya untuk menunjukkan kelanjutan pesan tersebut.

Dalam Rangka Program HADIAH GEBYAR Promo Smartphone BlackBerry®TM 2013. No ID Pemenang : (9876001bg)

Program GEBYAR PROMO Smartphone BlackBerry®TM Resmi dengan Surat Pengesahan dan Legalisir oleh:


NOTARIS :
No.lampiran: Und.01Rkp 39.IIV-5 Sah 2013

POLDA METRO JAYA :
No. Izin 117/017-Pol.005/512-2013

PEMKOT DKI Jakarta :
No.S.Izin.Dki/1081/IV/Rkpd-PR2013

DEPSOS RI :
No. 217-01-IV-Und/Depsos RI-2013

Dirjen Pajak Ri :
No.pjk-npwp5720/01und-Rkp/399-IX.2013


Syarat & Ketentuan penerimaan hadiah.
  • Pihak pemenang wajib melaporkan No.ID pemenang kepada KABAG HUMAS 
  • Pemenang yang beruntung melaporkan identitas biodata lengkap KTP/SIM guna kepentingan pengurusan STNK/BPKB dan pengesahan bukti pemenang. 
  • Batas klaim dan pelaporan pemenang adalah 2(dua) hari sejak pesan pemberitahuan diterima 
  • Khusus pemenang Kendaraan Roda empat (mobil), hadiah akan di antarkan langsung ke alamat pemenang setelah melengkapi prosedur dan pengurusan biaya administrasi sudah di selesaaikan. Pengurusan dan penerimaan hadiah tidak dapat diwakilkan dan diwakili.

Dengan mengabaikan kesalahan ketik yang ada, sampai di sini bahkan saya masih belum dapat menemukan bukti yang menguatkan keragu-raguan saya. Namun kalimat berikut ini membuat saya berpikir kembali.

Di mana Pajak. hadiah 25% dari harga kendaraan. telah di tanggung sepenuh nya oleh Perusahaan BlackBerry®TM

Hadiah di Antarkan ke alamat Pemenang yang beruntung, setelah pelaporan data lengkap dari Pemenang yg akan di sah kan oleh Instansi Pemerintah yang terkait dalam Program Promo ini.

Hadiah pemenang akan diterima paling lambat Dua hari setelah pelaporan.

Sudahlah banyak tanda titik yang tidak pada tempatnya, penggunaan kata "di mana" pada pemberitahuan semacam ini saya rasa cukup janggal. Mestinya cukup dikatakan, mis. Pajak hadiah ditanggung Penyelenggara, dsb.

----------Selanjutnya----------

Pemenang Wajib Menyelesaikan Biaya Jaminan Mutasi Balik Nama STNK/BPKB Kendaraan dari nama Perusahaan. ke atas nama Pemenang Sebesar (Rp2.750.000) sebelum hadiah kendaraan anda diantarkan ke alamat pemenang., (biaya tersebut hanya berupa JAMINAN yang bersifat SEMENTARA guna kepentingan pengurusan surat kendaraan STNK/BPKB kendaraan anda) ke Pihak Samsat Polda Metro Jaya,Dan masalah biaya transportasi kendaraan ( biaya pengantaran hadiah ) mulai dari kantor sampai ke alamat pemenang semua di tanggung oleh perusahaan BlackBerry®TM,


Utk proses pengambilan Hadiah Silahkan Menghubungi Langsung BlackBerry®TM Indonesia;

Centre Line (KABAG HUMAS)
Drs.H.Ibrahim

-Call Kantor : (021)4022 1210

Atau silahkan kunjungi website: www.layananrimblackberry2013.blogspot.com

Nah, saya kira setelah membaca yang ini kita semua akan sepakat bahwa pemberitahuan ini adalah TIDAK BENAR. Bahkan meskipun dilanjutkan dengan keterangan yang lebih meyakinkan.

PT Research In Motion Indonesia
CEO Suite Jakarta
One Pacific Place, 15th floor
Sudirman Central Business District jl.jend.Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190 INDONESIA.

Keputusan hasil pemenang undian dan ketentuan penerimaan hadiah pemenang, Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sesuai dgn surat pengesahan yang telah di Legalisir oleh Instansi Pemerintah yang terkait,

Himbauan kepada pemenang;
mohon masalah No ID pemenang nya supaya jangan sembarang diperlihatkan.kecuali pelaporan di nomor playanan BlackBerry®TM cukup di rahasiakan. Karna pelaporan ID pemenang cuma 1 kali saja (Menghindari hal-hal yg tdk bertanggung jawab).

Pelaksana:
PT.Research In Motion Limited

TERIMA KASIH

Hormat Kami;

(ada tanda tangan elektronik di sini)

Yolanda Nainggolan
CEO Maneger BlackBerry®TM 

***

Akhirnya, kita harus menyadari bahwa dengan semakin cerdasnya kita menanggapi berita-berita semacam ini, bukan tidak mungkin mereka kemudian mencari cara-cara yang lebih "cerdas" lagi.

Salam hati-hati.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Wednesday, November 13, 2013
Categories:

26 comments:

  1. Pertamax ! Saya gak punya blackberry mas, jadi hanya menyimak aja agar tahu dan bisa lebih berhati2 terhadap modus terbaru penipuan, hehehe :)
    Sekarang penipuan via sms mulai canggih banget ya mas dalam meyakinkan calon mangsanya, hmmm :)
    makasih nice sharingnya ^_^

    ReplyDelete
  2. wah penulisannya kacau balau ya mas, jadi sudah yakin ini adalah penipuan karena mana mungkin pihak RIM seceroboh itu...yang paling lucu itu loh, maneger hehehe

    ReplyDelete
  3. Berita semacam ini gampang sekali ditebak ya Mas.. Kalau asli mungkin gak bertele-tele kek gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, bertele-tele bysanya utk mengacaukan pikiran yg baca...

      Delete
  4. terlihat banyak sekali kesalahan-kesalahan dalam pengetikan, orang awam bakal teertipu dengan muslihat seperti ini. Melihat website nya saja udah blogspot, udah langsung saya hapus tuh pesan wkwkwk :D

    ReplyDelete
  5. saya juga pernah mendapatkan pesan serupa, dan setelah diklik pengirimnya ternyata mengarah ke pin orang.. padahal tadinya saya nyaris kaget, tapi mencurigakan banget karena saya gak pernah ikutan undian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah kalau ada INVITE dari orang yang tidak dikenal mendingan DI IGNORE aja. Juga sama FACEBOOK. Kalau ada friend request yang tidak saya kena langsung saya DELET atau IGNORE

      Delete
    2. Yg dilakukan P. Asep benar. Kabarnya kl kita trima invite dr org yg tdk kita kenal, rupanya nt foto dan nama kita akan dipakai oleh org tsb utk menipu org lain. Dg kt lain, org tsb nyaru jd kita.

      Delete
  6. di malaysia juga tidak terkecuali.. banyak penipuan berlaku samaada tawaran untuk memenangi kereta, insurans percuma atau financing.. harus berhati-hati sebelum menerima tawaran itu..

    ReplyDelete
  7. bener tuh sering sekali terjadi penipuan mas. tapi bukan hanya pengguna blackberry saja yang mendapat penipuan serupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, yg versi sms juga banyak.. hanya saya berpikir, krn pengguna bb ini kebanyakan org berpendidikan (bkn brt yg lain nggak lho ya,) krn itu bhsnya dibikin se-rapi mungkin... tp ttp aja kesalahan penulisan utk hal2 semacam ini tdk bisa dimaafkan.. h-heee,

      Delete
  8. belepotan sekali nulisnya ya mas...setidaknya bondo 100 ewu gawe tuku domain dan tulisannya harus rapi dikitlah...
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl beli domain mlh mudah terlacak baragkali, mas...

      Delete
  9. saya ndak pakai BB tapi banyak orang di lingkungan saya yang memakainya. alangkah baiknya mereka juga tahu akan hal ini. menjadi pelajaran berharga untuk pengguna hp canggih.

    kalau tidak jeli seperti panjenengan, tentunya banyak yang termakan tipuannya ya Pak...yang bener-bener aneh dan nyolok moto yaitu penggunaan web gratisan di blogspot...hu-uh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp spt yg saya bilang, bs jadi ke depannya mereka punya trik yg lebih canggih lagi...

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!