Saturday, March 8, 2014


Daripada ini blog belum ada update-an, dan daripada ini draft sampai berkarat di dashboard mending di-publish aja deh. H-hee...

Sum, Product dan SumProduct adalah beberapa fungsi yang terdapat pada program excel. Meski namanya agak-agak mirip, namun ketiganya memiliki "tugas" yang berbeda.


Apa bedanya fungsi Sum dan Product?


Secara singkatnya, Sum berarti menjumlahkan sedangkan Product berarti mengalikan. Jadi jika kita menuliskan misalnya,

=Sum(1,2,3)

Maka artinya adalah 1 + 2 + 3.

Sedang jika kita menuliskan,

=Product(1,2,3)

Maka ini berarti 1 x 2 x 3.


Lalu apa kegunaan fungsi gabungan SumProduct?


Kegunaan fungsi ini adalah untuk menjumlahkan setelah mengalikan sebuah data numerik. Jika kita memiliki beberapa barang sejumlah y dengan harga satuan z, maka hasil dari perkalian masing-masing barang tersebut bisa langsung kita jumlahkan dengan menggunakan fungsi SumProduct.

Lebih jelasnya kita bisa melihat hubungan antara Sum, Product dan SumProduct dari ilustrasi di bawah ini:

Sum, Product, SumProduct
Hubungan Sum, Product dan SumProduct

Dari ilustrasi di atas, jika nilai pada kolom E sudah diketahui, kita bisa menjumlahkan totalnya dengan menggunakan fungsi Sum.
Akan tetapi jika nilai di kolom E tidak diketahui, kita tetap bisa mendapatkan total 6.750 dengan memakai fungsi SumProduct.


Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, March 08, 2014
Categories:

23 comments:

  1. daripada saya juga bingung mau komen apa nunggu kelamaan mending komen dulu deh...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ternyata pertamax hehe...terima kasih pak sudah share, saya memakai sum sum-an ini dipekerjaan saya yang dulu...sekarang mah udah pada lupa lagi nih

      Delete
    2. Dari pada bengong meding baca artikelnya Mas Pri
      Kali aja ada manfaatnya yah Mas makasih sudah berbagi untuk saya :)

      Delete
    3. H-hee, trims mas Jery, mas Saud

      Delete
  2. Saya ngikut saja Kang Jery, dari pada bingung koment
    Mendingan baca dengan seksama dulubaru komen, eh
    Kebalik gak yah Mas Pri,.keren lah artikelnya. semoga sukses

    ReplyDelete
  3. sebetulnya kalo paham Excel gampang banget dan seru banget maininnya, pastinya banyak orang terpana kalo pinter maen excel :)

    ReplyDelete
  4. Excel itu memang mengasyikan bila kita bisa memainkannya ya Mas. :D

    Salam

    ReplyDelete
  5. @mas Intan @pak Indra: betul, dan saya pikir apapun itu kl mmg kita menyukainya, psti mengasikkan memainkannya ^_^

    ReplyDelete
  6. wah saya tidak terlalu paham mas pri, saya hampir tidak pernah menggunakan excel

    ReplyDelete
  7. jadi beda diperuntukan ya pak. antara kali dan plus.. thx infonya, jadi lebih memahami excel

    ReplyDelete
  8. wah nyimak saja mas kok nggak faham masalah ginian ya
    hi dasar saya....

    ReplyDelete
  9. ngikut aja pak,, hehehe..
    lg konsen di skecthup sm autocad nih, hehehe

    ReplyDelete
  10. gak nyampe mas memori saya kalau urusan yang beginian, bdw nyimak aja deh

    ReplyDelete
  11. Kebetulan saya ikut program setara D1 disekolah. Jadi diajari beginian, cuma masih awam belum bisa apa-apa hehe

    ReplyDelete
  12. saya malah baru tahu tentang fungsi ini mas, trims ilmunya yah...

    ReplyDelete
  13. Wah dapat tambahan ilmu lagi nih dari mas pri.. Saya dah beneran nggak ingat apa apa tentang excel mas. Hehehehe

    ReplyDelete
  14. Waaah memamg excel sedikit sulit.

    ReplyDelete
  15. product y g pnh tau dan ini baru tau bsa nambah ilmu otak atik excel... mksi sharenya mas pri :-)

    ReplyDelete
  16. well, kalo pengurangan gimana ya.... pengurangan digabung dg perkalian... mohon petunjuk ya Guru.... :) mny thanks

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!