Thursday, November 7, 2013

ujungkelingking - Bila kita ingin menghitung berapa jumlah kata yang sudah kita tuliskan pada Ms. Word, tentu caranya sederhana saja karena sudah ada pengaturannya di sana. Kita tinggal masuk ke menu Tools kemudian pilih Word Count, maka dari jumlah kata sampai jumlah karakter atau baris langsung bisa muncul.

Menghitung jumlah kata pada Ms. Word


Menghitung jumlah kata pada Ms. Excel bisa dibilang gampang-gampang susah, sebab tidak disediakan fungsi atau rumus untuk itu. Satu-satunya fungsi yang "mirip" kegunaannya adalah fungsi LEN. Namun fungsi ini hanya menghitung jumlah karakter, bukan kata.

Sebenarnya tips kali ini tidak penting-penting amat. Apa perlunya, coba, menghitung jumlah kata pada excel? Karena itu Anda tidak perlu mempelajarinya, karena tips kali ini hanya sekedar untuk memuaskan rasa ingin tahu saya saja. Tapi tetep harus komen ya! *Maksa.com.

Untuk dapat menghitung jumlah kata yang sudah kita ketikkan pada excel, kita membutuhkan beberapa "komponen" pendukung. Selain LEN, komponen yang saya maksudkan itu adalah: SUBSTITUTE dan TRIM. Kegunaan masing-masing dari fungsi ini adalah sebagai berikut:
  • LEN, seperti yang sudah saya singgung di atas, fungsinya adalah untuk menghitung jumlah karakter. Dan yang disebut 'karakter' itu adalah setiap apa yang kita ketikkan pada papan keyboard kita.
  • SUBSTITUTE, dalam masalah kali ini digunakan untuk merubah setiap tanda baca menjadi spasi. Jadi nanti setiap ada tanda baca, (misalnya koma, titik, dsb.) akan kita ubah menjadi spasi terlebih dahulu. Sebenarnya fungsi ini tidak perlu kita gunakan bila cara kita menulis sudah benar sesuai EYD. Sebagai misal, sebelum tanda koma tidak perlu pakai spasi, setelah tanda koma harus pakai spasi, dll.
  • TRIM, fungsinya untuk membuang spasi yang berlebih. Diantara satu kata dengan kata berikutnya hanya perlu satu spasi, namun adakalanya kita keseleo jempol sehingga kita menekan spasi dua kali. Misalnya, kita menulis 'saya(spasi)(spasi)pergi', maka dengan TRIM kalimat tersebut akan berubah menjadi 'saya(spasi)pergi'.

Lalu bagaimana cara kita menerapkan ketiga fungsi ini?

Misalnya kita akan menghitung jumlah kata yang terdapat pada sel A1. Kalimat tersebut berbunyi: Maaf, apakah saya boleh pergi?. Maka pada salah satu sel masukkan fungsi ini:

=SUBSTITUTE(A1;",";" ")

Dengan fungsi ini kita mengubah tanda baca koma menjadi spasi. Lalu dilanjutkan dengan mengubah tanda baca tanda tanya menjadi spasi juga.

=SUBSTITUTE(A1;"?";" ")

Dan lakukan hal tersebut terhadap tanda baca yang lain (jika masih ada). Maka sekarang kalimat kita berbentuk seperti ini:

maaf(spasi)(spasi)apakah(spasi)saya(spasi)boleh(spasi)pergi(spasi)

Gunakan fungsi TRIM untuk membuang spasi yang tidak seharusnya ada. Dalam hal ini yang akan hilang nanti adalah spasi yang saya beri warna biru.

Akhirnya kalimat kita sudah memiliki susunan (format) baru, yaitu: 1-kata, 1-spasi, 1-kata, 1-spasi, 1-kata. Sepanjang apapun kalimat yang ada, formatnya akan tetap seperti itu, diawali dengan KATA dan diakhiri dengan KATA. Dengan kata lain, jumlah kata selisih 1 -lebih banyak- daripada jumlah spasi.

Pada keadaan ini kita masih akan kesulitan menghitung jumlah kata dalam kalimat tersebut. Hal ini dikarenakan 'karakter yang digunakan' dan 'jumlah karakter' pada tiap kata tidak tentu banyaknya. Namun, dari format baru di atas kita bisa tahu bahwa,

Jumlah Kata = Jumlah Spasi + 1

Jadi, yang kita perlukan sekarang hanyalah menghitung jumlah spasi yang ada, dan ditambah 1. Bisa kita tuliskan seperti ini:

=LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1;" ";""))+1

Cara bacanya: [Jumlah seluruh karakter, termasuk spasi] dikurangi [jumlah seluruh karakter tanpa spasi] akan menghasilkan [jumlah spasi]. [Jumlah spasi] ditambah [1] akan menghasilkan [jumlah kata].

Nah, sekarang ketahuan kan betapa gak pentingnya rumus ini. H-hee...

Untuk melihat tips-tips lain tentang excel, silahkan klik di sini. Semoga (yang lain) lebih bermanfaat!
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Thursday, November 07, 2013
Categories: ,

25 comments:

  1. tutorial semacam ini sangat bermanfaat bagi saya, boleh saat ini saya tidak butuh, tapi jika saya membutuhkan, saya langsung ingat blog mas pri.
    tapi tidak ingat orangnya ah, emang saya cowok apaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *ih, amit-amit dweh au... wakakakak...

      Delete
    2. sangat bermanfaat sekali, buat bikin daftar nama mail merge, tp perlu ditambahkan deteksi jika panjang karakter nama lebih dari sekian huruf DAN jumlah suku kata lebih dari 2

      Delete
  2. jawabannya, maaf anda tidak boleh pergi, di sini aja Pak Pri...rumus bikinan Panjenengan cukup rumit, jadi nanti bakalan banyak yang nanya...lha kalau adminnya pergi, siapa yang njawab hayo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan saya udah bilang g usah dipelajari... dilihat aja, trus komen... :P

      Delete
  3. Sampai sekarang rasanya belum paham paham juga sama EXCEL hieiehihee. Jaman saya dulu jadul cuma belajar LOTUS 123 aja. Wahahahahahah Biar getoh saya dapat A untuk pelajaran kursus LOTUS 123. Waaaaaaaaaahahahha jadoellllllllllll

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah juga ikutan kursus lotus, tp itu jaman saya es-em-pe lho?

      Delete
    2. lotus 123, sama wysiwig..ah itu komputernya seperti mesin tik

      Delete
  4. lumayan untuk menambah ilmu peradminan.. pakai excel terus nih mas pri :3

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. yg pke ginian kl bukan anak sekolahan ya bagian administrasi, h-hiii...

      Delete
  6. sangat bermanfaat sharing ini.. bertambah ilmu baru untuk saya, terima kasih ya..

    ReplyDelete
  7. pak pri ini penggemar exel rupanya hihihi..
    baguslah, ada yang bisa ditanyain kalau butuh bantuan tetang exel :D

    ReplyDelete
  8. Info yang bermanfaat nih, makasih ya Mas hehehe

    ReplyDelete
  9. bermanfaat banget nich infoya, kebetulan saya gak ngerti sama sekali tentang excel, hehehe :)
    makasih sharingnya mas Pri617 ^_^

    ReplyDelete
  10. THX 4 HELP...SANGAT BERMANFAAT..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Luar biasa.... Tidak hanya memberikan solusi tapi juga memberikan penjelasan. Tidak hanya sekedar memberi rumus gabungan LEN dan SUBSTITUTE, tapi pak pri juga menambah penalarannya. Sehingga saya tidak hanya sekedar bisa tapi juga paham. Makasih banyak boss....

    ReplyDelete
  13. Terima Kasih rumusnya sangat berguna bagi operator e rapor

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!