Tuesday, July 16, 2013

ujungkelingking - Menindaklanjuti tulisan sebelumnya bahwa adab (baca: akhlak yang baik) menempati posisi penting dalam Islam. Sebagaimana kita ketahui dalam banyak riwayat, Rasulullah kerap mempersandingkan antara "bertakwa kepada Allah" dengan "berakhlak yang baik". Karena itu jika takwa kepada Allah menyebabkan cinta Allah kepada kita, maka akhlak yang baik menyebabkan kecintaan makhluk kepada kita.

Yang menjadi sandaran dalam postingan kali ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah yang berbunyi,

"Wahai Abu Hurairah! Hendaknya engkau berakhlak yang baik." Lalu Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bertanya, "Apa itu akhlak yang baik, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "[1] Engkau menyambung silaturahim terhadap orang yang memutuskannya darimu, [2] memaafkan orang yang mendhalimimu, dan [3] memberi orang yang tidak mau memberi kepadamu."

[Al-Baihaqi]

1. Menyambung tali silaturahim

Silaturahim berasal dari 2 kata, yaitu "silah" yang bermakna "menyambung" dan "rahim" yang berarti "kasih sayang". Nah, dari kata silah (menyambung) inilah ada pengertian yang muncul bahwa 'tidak mungkin sesuatu itu disambung kalau sebelumnya tidak putus'. Ada yang putus - baru disambung, logikanya seperti itu. Maka makna silaturahim ini menjadi bukan sekedar acara saling mengunjungi atau bertegur sapa, tapi lebih kepada menghubungkan kembali pihak-pihak atau keluarga yang tadinya berselisih, putus hubungan dan tidak pernah lagi berinteraksi.

Sebuah hadits dari Rasulullah yang menjadi penting untuk disimak,
"Yang disebut bersilaturahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahmi itu ialah menyambungkan apa yang telah putus."

[Diriwayatkan oleh Bukhari]

Dan karena berkenaan dengan keluarga/kerabat yang sebelumnya berselisih, maka dalam silaturahim ini dibutuhkan mental yang besar dan dada yang lapang untuk dapat memaafkan lebih dahulu.


2. Memaafkan

Memaafkan termasuk di dalam akhlak-akhlak yang baik. Memaafkan, menuntut hati yang besar, apalagi ketika kita dalam posisi mampu dan berkesempatan untuk membalas.

وَلا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَى وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ


"Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat, orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

[An-Nuur: 22]

 وَلا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ

"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia."

[Fushilat: 34]

Maksud perkataan "tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik" adalah membalasnya dengan hal yang baik. Salah satu caranya adalah dengan suka memberi bantuan.


3. Suka memberi

"Bukankah tidak ada balasan bagi amal yang baik melainkan balasan yang baik juga?"

[Ar-Rahmaan: 60]

Ayat di atas cukup sebagai dasar kenapa kita harus suka memberi. Memberi, yang dalam konteks artikel ini adalah kepada orang pelit terhadap kita tentu membutuhkan keikhlasan yang amat besar. Dan tidak ada yang memiliki keikhlasan yang besar bila tidak memiliki keimanan yang besar. Rasulullah shallallahu alaihi wa salaam bersabda,
"Sedekah adalah bukti."

[Muslim: 223]

Imam an-Nawawi rahimahumullah menjelaskan, "Yaitu bukti kebenaran imannya. Karena itulah sedekah disebut shadaqah, karena merupakan bukti dari shidqu imanihi (benar keimanannya)."

***

Tentunya masih banyak lagi contoh-contoh bagaimana akhlak yang baik itu. Semuanya sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa salaam.

"Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik..."

[Al-Ahzab: 21]

Salam.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Tuesday, July 16, 2013
Categories:

26 comments:

  1. blogwalking gini nih, sama dengan menyambung silaturahmi ya khan mas..?

    sukses follownya jg.. :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih mas telah mengingatkan kembali...
    iya ya, sependapat juga dengan mbak lina di atas...kalau kita di dunia blog ini mungkin blogwalking lah sarana silaturahminya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... kl mau kopi darat juga boleh, tp kok susah banget yah... :)

      Delete
  3. semoga kita termasuk orang yang berakhlak baik. amin :)

    ReplyDelete
  4. owh gitu ya gan.. makasih banyak nih buat artikelnya :) sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. Ngabuburit malah bertemu dengan blog yang sangat mencerahkan ini.... Sangat bermanfaat sobat, semoga kita bisa menjalankan ketiga cara diatas dengan penuh ketaqwaan. A very nice post ^_^)b

    ReplyDelete
  6. pertanyaan dari saya mas, masalah saling memaafkan.
    Kalau meminta maaf / memaafkan pada hari raya itu apakah bisa dianggap akhlak yang baik? , bukanlah hal itu termasuk perbuatan munafik, karena jika seseorang berbuat salah kemudian takut untuk meminta maaf, jalan keluarnya adalah menunggu hari raya.

    Sedangkan dalam Islam sendiri, jika kita punya salah, harus sesegara mungkin untuk minta maaf dan dalam Islam juga tidak ada maaf memaafkan pada saat hari raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, melenceng sedikit dari topik, karena saya sangat tidak setuju saling memaafkan pada hari lebaran :)

      Delete
    2. Menurut hadits di atas, yg menjadi contoh akhlak yg baik adl "memaafkan". jd ketika ada org lain berbuat salah trhadap kita, mk tanpa perlu org tsb meminta maaf, kita sdh memaafkannya.

      Ada contoh riwayat shahabat ttg hal ini, yaitu ketika Rasulullah dlm suatu majlis mengatakan, "Akan ada penghuni surga masuk ke sini." Selama 3 hari Rasulullah mengatakan hal tsb, dan org yg dimaksud adl org yg sama. Singkat kisah, trnyata ada amalan org tsb yg hampir dr kita tdk memilikinya. Yaitu, setiap mlam sebelum tdur, dia memaafkan semua org yg hari itu berbuat dhalim kpdnya, sehingga dia tidur tanpa membawa perasaan benci.

      Sedangkan mengenai "meminta maaf" yg dikhususkan pd hari atau waktu tertentu, bs dilihat pd tulisan jadul saya di sini,

      http://ujungkelingking.blogspot.com/2012/07/tradisi-meminta-maaf-sebelum-ramadlan.html

      atau di sini,

      http://ujungkelingking.blogspot.com/2012/09/halal-bi-halal-itu-perintah-agama.html

      Terima kasih.

      Delete
  7. Terima kasih mas pri, saya bisa mulai silaturahmi di blog ini, sekalian ngaji via blog, salam kenal juga ya. artikelnya penuh dengan suri tauladan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima ksih, kita masih sama2 belajar, mas...

      Delete
  8. syukron akhi atas pencerahanannya,,,,
    semoga kita mudah menjalaninya,,,(silaturrahmi,memaafkan dan memberi)

    ReplyDelete
  9. salam kenal Mas Pri...kunjungan pertama.

    trima kasih, jadi sadar kembali. masalah menjalin silaturahmi ini yang kadang terkendala bagi saya. padahal teknologi komunikasi sudah semaju ini ya? beberapa teman saya suka komplen, katanya saya terlalu cuek ke mereka...jarang sms, atau nelpon.
    jarak kadang jadi faktor utama juga, dulu yang tiap hari ketemu, setelah pindah tempat tinggal jadi jarang bisa tatap muka.

    selamat berpuasa!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, brt mbak ini sibuk bgt dunk... sibuk sm si kecil itu yah? :)

      Delete
    2. nngak sibuk juga Mas, wong cuma di rumah saja kok...cuma kadang mikir kalau mau nelpon, takutnya yang ditelpon lagi kerja atau ya lain...maklum mereka sudah berkeluarga

      Delete
    3. Hm, berarti nelpon pas tengah malam aja... dijamin mereka pasti gak lagi sibuk kerja... :lol:

      Delete
  10. bener sekali, karena dengan menyambung silahturahmi akan memperlancar rejeki kita. mksh infonya..

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!