Thursday, January 17, 2013

ujungkelingking - Ketika berangkat kerja pagi tadi, saya sudah berancang-ancang untuk menulis satu postingan hari ini. Namun apa mau dikata, sampai sore ini belum satupun tulisan terselesaikan. Ide, agaknya malu-malu muncul untuk saya hari ini. Ah!

Masalah semacam ini acapkali muncul dan menjangkiti blogger-blogger pemula. Seperti saya ini. Kadang menjengkelkan, karena pekerjaan kita yang lain menjadi terganggu karena kita tak bisa fokus.

Lalu tiba-tiba saja terlintas dalam benak saya, kenapa tidak menulis tentang 'cara mencari ide yang tak kunjung datang' saja? Ya, ini sepertinya ide menarik!

Tentu semua dari kita sudah tahu bahwa ketika kita mengetikkan keyword, misalnya, 'mencari ide menulis' pada GoogleSearch, maka segera saja berhamburan puluhan artikel-artikel tentang cara mencari ide, bagaimana menentukan ide postingan, tips-tips cara mendapatkan ide menulis, dsb.

Akhirnya, dari sekian artikel yang saya baca, saya sampai pada kesimpulan bahwa sebenarnya cara-cara itu bisa disederhanakan menjadi dua cara saja. Berikut ini 2 cara sederhana mendapatkan ide menulis:

1. Jalan-jalan

Ya, lakukan perjalanan fisik ke suatu tempat yang menyenangkan. Dengan ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk 'memancing' ide.
  • Catat kejadian-kejadian selama dalam perjalanan, atau kejadian-kejadian yang mungkin mengingatkan kita pada peristiwa dan pengalaman kita semasa kecil. Kejadian-kejadian yang berkesan atau yang memberi pembelajaran pada diri kita atau orang lain layak untuk ditulis.
  • Ajaklah bicara orang-orang yang Anda temui selama perjalanan. Dari sini bukan tidak mungkin Anda mendapatkan 'embrio' postingan.
  • Lakukan survey atau pengamatan di sekitar Anda. Apa yang menarik, dan apa yang sedang booming di jalan-jalan.

2. Ngintip

Cara ini bisa Anda lakukan saat tidak melakukan cara yang pertama di atas. Apa saja yang harus (dan boleh) diintip?
  • Status teman di sosmed. Adakalanya ungkapan-ungkapan yang tampak sepele di facebook, twitter, google+ dan sosmed lainnya bisa menjadi hal menarik untuk diperbincangkan. Jika tidak, Anda bisa coba intip GoogleInsight atau GoogleTrends untuk melihat apa yang sedang tren di dunia maya.
  • Blog teman. Lakukan blogwalking untuk melihat apa yang sedang ditulis teman kita. Lihat dari sudut pandang yang berbeda, dan tadaaa... Anda sudah punya satu postingan baru!
  • Yang boleh diintip selanjutnya adalah buku-buku atau majalah. Bisa yang baru atau yang kadaluwarsa. Bisa punya sendiri, bisa pinjam dari perpus atau teman. Anda mencari ide? yang sedang Anda bawa itulah ide!
  • Email, atau komentar-komentar di blog kita. Ajukan diskusi atau pancing dengan pertanyaan-pertanyaan, lalu perhatikan jawaban-jawaban mereka.

Hm, sekarang Anda sudah punya ide untuk menulis?
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Thursday, January 17, 2013
Categories:

12 comments:

  1. trims juga atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  2. thx gan tipsnya..

    come back..

    ReplyDelete
  3. sama2 sob... tunggu post selanjutnya, yah...

    ReplyDelete
  4. Makasih atas pencerahannya, terkadang saya sendiri pun perna mengalami masalah yang seperti disebutkan diatas, yah.. belum menemukan ide dan sepertinya cara sobat boleh juga untuk dicoba siapa tau bisa menemukan ide yang lebih menarik yang bisa dituangkan dalam sebuah catatan blog... thanks

    ReplyDelete
  5. kalau saya kebanyakan idenya dari buku - buku dan blog walking

    ReplyDelete
  6. Karena sy malas jalan2 hehehe lebih banyak menghabiskan waktu d rumah .. maka sering menggunakan metode kedua .. hehehe

    persisi ;)

    oia, makasih udah follow blog Makanan sehat ;)

    keep blogging y mas ;)

    ReplyDelete
  7. hehe, sm aja klo gitu...

    lbh murah ya?

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!