Monday, January 28, 2013

ujungkelingking - Saya bisa senyum-senyum sendiri kalau ingat kenapa saya jadi menulis artikel ini. Jum'at kemarin saya baru kepikiran untuk mengubah tampilan blog saya, di bagian komentarnya. Saya ingin komentar yang muncul terdapat tampilan 'reply'. Sebelumnya tidak ada.

Akhirnya, saya coba bertanya ke rekan-rekan sesama blogger, sekaligus searching di mbah Google. Hasilnya, dari 3 blog yang saya kunjungi, ada 3 cara via 'edit HTML' untuk menjawab permasalahan tersebut. Semuanya kode-kode sudah coba saya pasang dan semuanya, tidak berhasil.

Namun, tahukah Anda apa yang membuat saya tertawa sendiri pada akhirnya? Adalah ketika saya menyadari ke-gaptek-an saya. Ternyata saya cukup masuk pada menu Settings dan memilih Embedded pada Comment Location.

H-haa...

Kadang hidup seperti itu. Kita kerap terfokus pada solusi yang besar dan jauh. Padahal hanya perlu hal-hal yang kecil dan dekat dengan kita untuk menyelesaikannya. Banyak contoh, orang yang menderita sakit dan sudah mendatangi dokter-dokter mahal dan rumah sakit mewah, namun pada akhirnya dia bisa sembuh hanya dengan penyembuhan alternatif. Atau banyak orang yang lebih memilih menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah berlabel 'international' atau 'unggulan', padahal orang-orang besar dan terkenal banyak lahir dari sekolah-sekolah yang tidak diperhitungkan.

Lalu what's the point?

Kewajiban manusia hanyalah tetap berusaha dan pantang menyerah

Kabar baik sekaligus kabar buruknya, kita tidak tahu bahwa kita ditakdirkan seperti apa nantinya. Karena itu dalam hidup, segala upaya -selama itu halal- tetap harus kita tempuh. Untungnya, kita tidak ada kewajiban terhadap 'hasil' tersebut, hanya berusaha. Dan yang menarik, kita sudah mendapat kepastian bahwa Tuhan akan memberikan, ketika kita sudah berusaha.

Nah, jika kita sudah memutuskan akan berusaha, biasanya akan muncul 3 penyakit umum yang datang menyerang. Dengan mengetahui penyakit-penyakit tersebut diharapkan kita bisa menghindarinya. Berikut ini ada 3 penyakit umum dalam berusaha beserta tanda-tandanya:

Penyakit no. 1: Takut resiko

Tanda-tanda umumnya adalah suka menunda-nunda dan cenderung sering melewatkan kesempatan.

Seseorang yang berusaha untuk menjadi lebih baik, tidak pernah menyia-nyiakan waktu. Sebisa mungkin dia melakukannya sesegera mungkin. Toh, melakukan hal yang baik ataupun yang buruk seringkali sama-sama beresiko. Jadi, lakukan perhitungan cermat dan resiko menjadi siap untuk dihadapi.

Penyakit no. 2: Cepat puas

Tanda-tandanya bisa suka berfoya-foya dan terlalu banyak bersantai.

Katanya, manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Jika tidak cepat puas itu berbeda dengan berambisi, maka itu bagus. Bukankah tanda orang yang sukses itu adalah jika hari ini lebih baik daripada hari kemarin?

Penyakit no. 3: Tidak mau bertanya, eksplorasi, dan bekerjasama

Ketiganya memiliki tanda-tanda yang sama yaitu, usaha yang jalan di tempat atau hasil yang tak kunjung nampak.

Malu bertanya sesat di jalan, memang bisa menjadi pegangan. Kita belum pernah sukses, bukan? Karena itu kita perlu tahu caranya. Tentu saja dari orang-orang yang kita anggap berhasil dalam bidangnya. Atau kita mempelajarinya secara otodidak.

Sedangkan dalam hal kerjasama, dua kepala lebih baik dari satu kepala. Ini kalau keduanya sama-sama berpikir sih, hehe. Namun, adakalanya kita keliru memilih rekan. Kita bisa saja tertipu dan menderita kerugian. Kalau sudah begini, lihat lagi artikel ini dan baca Penyakit no. 1.


Bismillah,
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, January 28, 2013
Categories:

4 comments:

  1. baiklah sob, mari kita kerjasama ya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sipp... saling mengingatkan dlm kebaikan, saling sharing ilmu yang bermanfaat...

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!