ujungkelingking,
A = Sering B = Jarang C = Hampir tidak pernah
Nilai:
Jika ada 20 atu kurang aktivitas yang jarang atau tidak pernah dilakukan, perkembangan terlambat
Jika ada 20 atau lebih aktivitas yang sering dilakukan, perkembangan agak terlambat
Jika ada 30-36 aktivitas yang sering dilakukan, perkembangan memuaskan
(Home Schooling, Maulia D. Kembara, M.Pd.)
Parameter Perkembangan Anak (1) | Parameter Perkembangan Anak (2)
Parameter Perkembangan Anak (Usia 4-5 Tahun)
- Toilet training
- Makan dengan sendok dan garpu
- Duduk tenang untuk beberapa saat
- Senang apabila mendengarkan cerita
- Memakai jaket sendiri tanpa bantuan
- Mampu mengancingkan jaket sendiri
- Mampu memakai sepatu sendiri dengan benar
- Membereskan mainan apabila diminta
- Senang berada diantara orang lain
- Memperhatikan/merawat barangnya sendiri
- Berbagi dan mau bergiliran
- Biasanya menerima apa yang dibatasi orang tua
- Berbagi perhatian orang tua dengan saudara
- Mengikuti petunjuk sederhana
- Berkunjung ke kerabat orang lain tanpa orang tua untuk waktu yang pendek
- Mampu menyebut nama lengkap dirinya
- Mengerti konsep sederhana (besar/kecil, keluar/masuk, naik/turun, buka/tutup)
- Mengenali benda yang biasa ditemui di rumah
- Memperlihatkan citra diri yang positif
- Bertanya untuk memperoleh informasi
- Mengerti konsep angka (1-5)
- Mengenali suara-suara yang biasa ada di rumah
- Menceritakan pengalamannya
- Menyebutkan kegunaan benda yang biasa ditemui di rumah (mis. jaket-dipakai, pisang-dimakan)
- Mangenali 8 warna dasar
- Mengenali huruf dan suara
- Mampu mengingat/mengulang 2 atau 3 benda berlainan dalam konsep yang sama (mis. 5-7-9, merah-biru-kuning, g-b-d)
- Melompat 2 atau 3 kali dengan satu kaki dalam satu garis
- Mampu menangkap bola yang cukup besar
- Mampu berlari atau berhenti dengan perintah
- Mampu membuat gambar sederhana
- Mampu membedakan bentuk-bentuk yang berlainan
- Mampu mencontoh gambar lingkaran dan kotak
- Berdiskusi cerita yang didengar/dilihat di TV
- Memilah objek atau gambar yang hampir sama
- Memperlihatkan keinginannya untuk bersekolah
A = Sering B = Jarang C = Hampir tidak pernah
Nilai:
Jika ada 20 atu kurang aktivitas yang jarang atau tidak pernah dilakukan, perkembangan terlambat
Jika ada 20 atau lebih aktivitas yang sering dilakukan, perkembangan agak terlambat
Jika ada 30-36 aktivitas yang sering dilakukan, perkembangan memuaskan
(Home Schooling, Maulia D. Kembara, M.Pd.)
Parameter Perkembangan Anak (1) | Parameter Perkembangan Anak (2)
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, May 07, 2011
0 comments:
Post a Comment
Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.