ujungkelingking,
Nilai:
Jika ada 10 atau kurang aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan terlambat
Jika ada 10-15 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan agak terlambat
Jika ada 16-20 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan memuaskan
(Home Schooling, Maulia D. Kembara, M.Pd.)
Parameter Perkembangan Anak (1) | Parameter Perkembangan Anak (3)
Parameter Perkembangan Anak (Usia 1-2 Tahun)
- Merangkak anak tangga
- Menumpuk 2 atau 3 benda
- Menunjuk untuk menyatakan keinginannya
- Mengikuti petunjuk sederhana
- Memegang pensil warna dan membuat garis
- Menaruh benda dalam wadah
- Mengguncangkan benda keluar dari wadahnya
- Melempar benda keluar dari wadahnya
- Mengikuti perintah sederhana
- Menyebutkan nama benda sederhana (mis. “bola”, “rumah”, dsb.)
- Mulai berlari
- Mampu mengingat gambar satu benda
- Mengobrak-abrik laci, keranjang baju, dan wadah lain karena ingin tahu
- Duduk dengan diam mendengar cerita sederhana
- Melempar bola ke arah orang lain
- Menendang bola
- Berjalan mundur
Parameter Perkembangan Anak (Usia 2-3 Tahun)
- Membuka dan menutup pintu
- Berlari dengan baik
- Senang memanjat
- Menuruni anak tangga satu demi satu dengan kaki yang sama secara perlahan
- Menumpuk benda lebih tinggi (6 benda tau lebih)
- Menggunakan pensil warna untuk membuat tulisan cakar ayam
- Dapat melipat kertas apabila dicontohkan terlebih dahulu
- Mencoba memakai dan mencopot baju sendiri
- Menggunakan 2 kata atau lebih ketika berbicara
- Mulai senang mendengarkan cerita bergambar
- Melompat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah
- Ikut aktif dalam permainan
- Ikut membereskan mainan
- Hafal nama lengkapnya
- Tahu jenis kelaminnya
- Tahu berapa umurnya
- Meniru tingkah laku dan suara
- Berdiri seimbang di atas satu kaki untuk beberapa saat
- Mengerti konsep sederhana (mis. atas/bawah, panas/dingin, kecil/besar, buka/tutup)
- Terlibat dalam permainan yang membutuhkan konsentrasi (memilah/memasangkan)
Parameter Perkembangan Anak (Usia 3-4 Tahun)
- Naik turun tangga dengan kaki kiri dan kanan bergantian
- Mencoba mencontoh beragam bentuk yang tergambar: lingkaran, kotak, segitiga, segi empat, dan oval
- Memasang dan mencopot sepatu
- Menghitung 1 sampai 4 benda yang sama
- Mengulang sedikitnya 3 benda terakhir yang berurutan disebutkan
- Mampu menceritakan kembali atau mengingat cerita sederhana atau pengalaman
- Bermain permainan individu sederhana diantara teman
- Mencopot kancing baju sendiri
- Mengendarai sepeda roda tiga (koordinasi tampak baik)
- Berbicara kalimat pendek dan sederhana
- Tampak mengerti aturan permainan
- Bermain lompat kaki
- Memotong dengan arahan
- Mengenali 8 warna dasar
- Memecahkan persoalan (tenggelam/mengambang, mur/baut, bermain puzzle)
- Mengenal bentuk: lingkaran, kotak, segitiga, segi empat, dan oval
- Mengenal beberapa huruf alphabet
- Mampu berjalan seimbang pada titian sempit
- Menyelesaikan perintah sederhana
- Melompat satu kaki dengan teknik yang lebih sempurna
Nilai:
Jika ada 10 atau kurang aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan terlambat
Jika ada 10-15 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan agak terlambat
Jika ada 16-20 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan memuaskan
(Home Schooling, Maulia D. Kembara, M.Pd.)
Parameter Perkembangan Anak (1) | Parameter Perkembangan Anak (3)
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, May 07, 2011
0 comments:
Post a Comment
Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.