Monday, April 1, 2013

ujungkelingking - Mengawali April 2013, saya coba angkat lagi tema yang sudah sering dibahas di dunia blogging, yaitu tentang re-share, retweet, atau apalah istilah lainnya. Men-forward suatu tulisan, status atau artikel dengan maksud menyebarkannya kembali ke publik.

Fenomena ini sebenarnya sama dengan aktifitas copy-paste, hanya bedanya untuk re-share ini penulis asalnya sudah otomatis kelihatan.

Saya punya sedikit pengalaman menarik dalam hal ini.

Kemarin malam, saat saya membuka akun facebook saya, seorang teman menuliskan sebuah hadits yang indah berikut penjabaran singkatnya. Saya tertarik dengan status tersebut dan hampir saja saya men-sharenya kembali. Namun karena lebih kuat kantuk saya, akhirnya saya memutuskan untuk istirahat saja. Toh, nge-sharenya bisa besok pagi, pikir saya.

Pagi ini, karena kesibukan kantor yang cukup padat, saya baru mulai senggang sekitar jam makan siang. Saya teringat kalau saya belum nge-share status teman tadi malam. Namun sebelum itu, saya iseng untuk googling tentang status teman saya tersebut. Hasilnya, cukup mengejutkan, karena dari sekian hasil yang muncul ada satu tulisan yang dengan gamblang menyatakan bahwa hadits dari status teman saya tersebut adalah tidak benar alias palsu alias dusta!

Kejadian lain, pernah seorang rekan di Kompasiana menerima broadcast tentang acara penggalangan dana untuk anak yatim. Rekan ini pun langsung menforwardnya ke teman-teman yang lain. Belakangan disadari bahwa broadcast tersebut adalah hoax. Meski kemudian pihak panitia melakukan klarifikasi bahwa broadcast tersebut benar adanya dan bukan hoax, namun tak urung hal tersebut menimbulkan keresahan pada banyak pihak.

Dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa adalah sangat bijak bila kita tidak terburu-buru dalam men-share status atau tulisan orang lain. Berhati-hati dalam menyebarkan sebuah berita, sebab langsung menforward tanpa ada kejelasan hal-ihwalnya adalah suatu langkah yang ceroboh.

Jangan sampai kita menyebarkan hal-hal yang salah dan provokatif. Jangan sampai orang lain menjadi salah dan malu karena sifat terburu-buru kita. Jangan sampai timbul hal yang fatal karena kebodohan kita.

Nge-share itu urusan kecil, tanggung jawab di belakangnya yang besar.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, April 01, 2013
Categories:

10 comments:

  1. Intinya harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah disebar luaskan ya bang,,, :)

    ReplyDelete
  2. iya, bener juga sih itu mas..
    pengalaman saya wkt blogging jg begitu swaktu menemukan ada artikel yg menarik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting banget untuk cek 'n re-check,

      keep blogging, mas.

      Delete
  3. Iya penting untuk cek kembali.....

    Terimakasih sudah diingatkan mas pri....

    InsyaAllah semua yang saya share dari sumber yang bisa dipercaya
    dan setiap postingan yang saya share SELALU sudah saya baca terlebih dahulu

    ReplyDelete
  4. he he he, kalau yang dihare sesuai dengan rule no problem, tapi yang dishare itu dah ganti judul dan authornya yang masalah mas,..Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu etika di dlm share/forward adl ttp menunjukkan penulis awal (asli)nya. Sedangkan mengenai isinya, hars yg bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

      That's the rule, bukan begitu?

      Delete
  5. ini yang biasanya saya lakukan mas, niatnya emang baik sih ngeshare tapi kalau ujung-ujungnya malah menjadi masalah wahh ini yang harus dihindari hehehe
    tapi saya kok justru suka menulis opini ya mas, bahkan isinya tentang kritikan hadeeehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. menulis kritikan oke. tentu dg bhs yg sopan, menghindari orgnya tersinggung... kl sdh begini bgmna kebenaran bs diterima?

      http://ujungkelingking.blogspot.com/2012/04/ini-sebabnya-kenapa-kebenaran-tak.html

      http://ujungkelingking.blogspot.com/2013/02/teknik-menyampaikan-kebenaran.html

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!