Monday, January 7, 2013

ujungkelingking - Tulisan-tulisan atau artikel yang kita temui pada blog-blog atau media-media massa kita pada dasarnya hanya terbagi dalam 2 kategori saja. Yaitu dia bersifat opini; atau reportase.

Jika artikel tersebut dibuat dalam kerangka opini, maka tentu tak perlu terlalu dipersoalkan 'sumber opini'nya. Lha wong ini cuma opini saja, kok! Bersifat subyektif memang, karena itu tak terlalu dipersoalkan meski seorang penulis yang baik tentu tak akan segan menjabarkan dasar dari opininya tersebut.

Namun lain bila kita menulis postingan berbentuk reportase.

Menulis sebuah tulisan reportase menuntut adanya sumber yang jelas, validitasnya dipercaya sehingga dapat dipertanggung-jawabkan.

Nah, 'sumber yang jelas' ini kemudian menjadi dipertanyakan keberadaannya ketika si penulis tidak mau menampilkannya. Alasan seorang penulis reportase tidak mau menampilkan sumbernya bisa disederhanakan menjadi 2 saja. Yaitu, 'sumber' itu tidak benar-benar ada; atau penulis mencoba bertindak seperti seorang ilusionis atau pesulap yang sebenarnya memiliki trik bagus namun tidak mungkin disebarkan secara umum.

Bila sebuah reportase tidak memiliki sumber yang valid, artikel tersebut menjadi lemah. Dampak yang lebih besar barangkali adalah pembaca akan mencoba mencari sendiri sumber yang dimaksud. Iya, kalau sumber yang ditemukan pembaca sama dengan sumber yang dimaksud penulis, bila tidak? Alih-alih menjadi penguat tulisan, sumber yang berbeda ada kalanya mengambil sudut yang berbeda pula. Jadi bisa saja sumber yang ditemukan pembaca berbeda dan menjelaskan hal yang bertentangan. Kalau sudah begini tentu si penulis juga dirugikan karena selain kebenaran artikelnya dipertanyakan, juga kredibilitas penulisnya diragukan.

Hm?

nb. tulisan ini 'opini' loh! 
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, January 07, 2013
Categories:

2 comments:

  1. kalo blog saya lebih ke tidakjelas :) :)

    hanya blog pribadi, jarang sekali memberikan informasi.

    Salam blogger

    ReplyDelete
  2. haha, bisa saja Mbak ini..

    saya juga berbagi yg sederhana-sedrhana saja, pdhal semua org juga sdh tau... :lol:

    salam sama2 belajar,

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!