Saturday, June 4, 2011

ujungkelingking - Banyak orang yang enggan (baca: malas) menghentikan kebiasaan merokok adalah karena mereka tidak menyadari manfaatnya, karena manfaatnya akan tampak setelah beberapa tahun kemudian.

Tapi apa yang ditulis di
detikhealth ini barangkali perlu dibaca oleh para smokers, bahwa jika mau berhenti merokok sekarang juga, maka keuntungannya akan segera dirasakan beberapa jam berikutnya.

Jika Anda berkeinginan kuat untuk menghentikan kebiasaan Anda merokok, dan Anda memulainya sekarang juga, maka:
 

8 jam kemudian, kadar nikotin dan karbon monoksida dalam darah akan sangat berkurang. Hal ini bisa menurunkan risiko serangan jantung dan kadar oksigen dalam darah akan meningkat ke jumlah normal.

24 jam kemudian, risiko terkena serangan jantung semakin berkurang. Semua karbon monoksida dan nikotin akan keluar dari dalam tubuh. Serta ujung saraf mulai tumbuh kembali sehingga mengembalikan kemampuannya untuk meningkatkan sensor rasa dan bau. 

48 jam kemudian, ini adalah saat yang sulit karena efek samping akan muncul seperti sakit perut dan muntah. Tapi pada saat ini juga terjadi penurunan risiko kerusakan paru-paru dan menghentikan risiko kanker paru-paru. 

72 jam kemudian, tabung bronchial yang ada di tubuh mulai rileks sehingga membuat seseorang bisa bernapas lebih mudah lagi. 

2 minggu kemudian, fungsi paru-paru kembali meningkat hingga 30% sehingga memperbaiki sirkulasi darah dan membuat orang lebih mudah melakukan kegiatan. Meski kadang ditemukan gejala withdrawal seperti mudah tersinggung, sakit kepala dan kecemasan.

1-9 bulan kemudian, penampilan fisik akan mulai membaik, seperti warna pucat kelabu di tubuh hilang, mengurangi kerut, mengurangi batuk, sesak napas, hidung tersumbat dan kelelahan. Selain itu rambut silia di paru-paru mulai berfungsi dengan baik dalam membersihkan lendir sehingga mengurangi risiko infeksi.

1 tahun kemudian, risiko seseorang terkena penyakit jantung yang berhubungan dengan merokok akan berkurang sekitar 1,5 kali dibanding satu tahun lalu. 

10 tahun kemudian, risiko terkena serangan jantung dan kanker paru-paru akan berkurang hampir sama dengan orang yang tidak pernah merokok, serta mengurangi risiko kanker lainnya seperti mulut, tenggorokan, kandung kemih dan pankreas.

So, masih bertahan dengan rokok Anda?
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, June 04, 2011
Categories:

4 comments:

  1. hemmmmm,,,,,, good article, I like it , but mau tanya,, kira-kira yang post article ini perokok bukan ya,,,???? heheheee

    ReplyDelete
  2. ooo... jls tdk dong. masa' kita mnulis yg bertentangan dg nurani? wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  3. Beruntung orang yang tidak pernah merokok sama sekali.. Pokoknya jangan sampailah karena saya sudah pernah mengalami kedua fase tersebut.. Ga ada manfaat sama sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl sampeyan sudah berhenti, mas.

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!