Tuesday, March 1, 2011

ujungkelingking - 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas itu, yaitu: Otak (90%) dan Darah (95%).

Manusia normal sedikitnya harus minum 2 liter atau 8 gelas sehari. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernafasan dan sekresi. Apa yang terjadi bila kita mengkomsumsi kurang dari 2 liter sehari?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya? Dengan jalan menyedot dari komponen tubuh kita sendiri. Dari otak? (bisa dibayangkan gimana jadinya…) tapi belum sampai segitu, melainkan dari sumber terdekat yaitu, Darah.

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan pada darah ini maka perjalanannya akan kurang lancar dibandingkan darah normal yang mengandung air. Saat melewati ginjal (tempat penyaring racun dari darah), ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, maka tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan Glomerulus Ginjal. Akibatnya air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus suatu saat anda mungkin harus menghabiskan Rp400.000 seminggu atau berarti Rp1.600.000 sebulan untuk cuci darah!!!

Kemudian, saat darah kental mengalir lewat otak perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerja tambah berat bila darah mengental) maka serangan STROKE bisa lebih lekas datang.

Tapi bagaimana kalau kita sudah bosan dengan air putih?

Daftar 5 minuman di bawah ini bisa menjadi alternatif pilihan yang sehat:

1. Jus jeruk. Manfaat: pelindung penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam jus jeruk membantu melindungi jantung, dengan melawan terjadinya peradangan yang nantinya bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah.

2. Teh chamomile. Manfaat: membuat tenang.

Studi yang dilakukan University of Pennsylvania di Philadelphia, menemukan bahwa orang yang minum teh chamomile setiap hari selama 2 bulan, akan merasa tidak cemas.

3. Jus kranberi. Manfaat: mencegah penyakit gusi dan infeksi saluran kemih.

Senyawa alami yang ada dalam jus akan mencegah bakteri untuk melekat pada gigi yang berada di bawah garis gusi. 227 gram kranberi juga akan memberikan 39% dari kebutuhan vitamin C harian kita, meningkatkan kolesterol baik, serta menjaga kesehatan saluran kemih kita.

4. Susu cokelat. Manfaat: menjaga perut tetap rata.

Satu gelas susu cokelat bebas lemak bisa memberikan asupan karbohidrat dan protein, yang bisa membantu kita memulihkan tubuh setelah berolahraga.

5. Teh hijau. Manfaat: menjaga bobot tubuh tetap stabil.

Penelitian pada tikus yang dimasukkan dalam International Journal of Obesity mengemukakan, tikus yang berolahraga dan meminum teh hijau akan mengalami kenaikan bobot tubuh lebih rendah 22%, dibanding tikus lain yang hanya berolahraga dan minum teh biasa. Kandungan polyphenol dalam teh hijau akan melancarkan sistem metabolisme tubuh, dan membuat tubuh lebih mudah membakar lemak. Plus, teh juga kaya akan antioksidan yang baik dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Tuesday, March 01, 2011
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!