Wednesday, October 23, 2013

ujungkelingking - Pada artikel saya yang berjudul Download | Rumus Excel Terlengkap!, ada seorang teman yang sempat komen dan bertanya tentang cara menyelesaikan permasalahan excel yang sedang dihadapinya. Pertanyaan teman kita ini saya cuplikkan ulang saja, ya...

Saya punya database kapasitas produksi, misalnya untuk pengerjaan produk A, kapasitas harian 10 pcs, untuk produk B cuma jadi 5 pcs/hari, produk C cuma 2 pcs/hari. Untuk membuat database IF bagaimana caranya, misalkan ada order dari pelanggan 20 pcs untuk produk A, maka waktu yang dibutuhkan adalah 20/10 = 2 hari. dst.?

Secara singkat saya hanya bisa menjawab bahwa untuk menyelesaikan soal seperti itu saya lebih sreg memakai fungsi Vlookup-Hlookup daripada fungsi IF. Alasannya sederhana, dalam soal ini -karena jumlah data (produk) cuma sedikit- kita bisa saja menggunakan IF, tapi bagaimana bila jumlah produknya ratusan atau bahkan ribuan? Tentu kita akan semakin kesulitan mengaplikasikan fungsi IF ini. Karena itu, lebih aman bila kita menggunakan fungsi Vlookup-Hlookup. Lalu bagaimana penerapannya?

Untuk menyelesaikan soal ini kita membutuhkan dua filter. Filter pertama nanti akan berisi 'Jumlah Orderan', sedang untuk filter kedua akan berisi 'Jenis Produk', sehingga dari kedua filter ini bisa didapatkan hasil untuk 'Lamanya Waktu Pengerjaan'.

Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Dibutuhkan 2 filter (dok. pribadi)

Dari gambar di atas, pada sel C8 kita bisa isikan fungsi berikut:
=VLOOKUP(B8;A2:B4;2;0)

Fungsi ini sebenarnya hanya mengambil jumlah 'Kapasitas per Hari'. Karena pada sel B8 yang disebut adalah produk A, maka pada sel C8 menghasilkan 10 (10 pcs perhari).

Selanjutnya untuk menghasilkan 'Waktu yang Dibutuhkan' untuk mengerjakan perlu kita bagikan dengan 'Jumlah Orderan'. Maka di depan fungsi tadi, kita bisa tambahkan sel pembagi, yaitu sel A8, sehingga lengkapnya fungsi tersebut berbunyi,
=A8/VLOOKUP(B8;A2:B4;2;0)

Dengan demikian soal untuk excel kali ini sudah terselesaikan.

***

Lalu bagaimana bila saya memaksa untuk menggunakan fungsi IF?

Tentu boleh-boleh saja, namun seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa rumusnya bisa bertambah panjang, tergantung jumlah 'Jenis produk'.

Sebagai contoh, dalam soal di atas kita bisa menggunakan fungsi IF sebagai berikut:
=IF(B8="A";A8/10;IF(B8="B";A8/5;IF(B8="C";A8/2;0)))
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Wednesday, October 23, 2013
Categories:

26 comments:

  1. sangat bermanfaat sekali buat saya yang tidak bisa apa-apa soal exel mas.
    kalau begitu jika saya mempunyai masalah dengan exel saya tak bilang mas pri aja , biar di hajar saama mas pri exelnya, eh ini minta ajari apa minta di hajari sih ? hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending hajar komputernya aja, mas biar rusak sekalian. Puas, puas? (jarene Tukul)

      Delete
    2. kasihan mas kalau di hajar komputernya, lempaaaaaaaaaaaar yang jauh aja..hehehe

      Delete
    3. Mengko ono sing ngluroni... :)

      Delete
    4. mayan mas hardisknya buat nyimpen data..hehe

      Delete
  2. saya menggunakan excel ketika bekerja dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah tdk menggunakan excel, atau skg sudah tdk lagi bekerja? h-hee, trims sudah mau mampir.

      Delete
  3. wah hebat, ternyata lihai juga pak Pri dalam ilmu excel nya hehe :)

    ReplyDelete
  4. saya agak kurang mengerti juga tentang excel ini...jadi ikut nyimak dulu ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo, silahkan ambil kursi di belakang, xixixi...

      Delete
  5. aku sudah lama tidak menggunakan rumus di excel, padahal excel itu sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan ...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, krn pekerjaan saya masih berkutat seputar excel, makanya masih pk excel... :)

      Delete
  6. wah, sekarang saya pakai kalkulator saja Pak Pri...sudah lama nggak ngitung pakai excel...

    ReplyDelete
  7. Sipp banget sob postingannya, memang vlookup mambingungkan ketimbang if, begitu di hadapkan Pada range data yang banyak gue juga bingung main kode kodean. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl range datanya terlalu banyak, biasanya saya kasih nama saja, mas. jd sudah gak mikir dr sel berapa ke sel berapa, cukup tinggal tulis namanya saja.

      :)

      Delete
  8. Kalau itung itungan duit ane cepat gan, ngitung doang tapi, wkwkwk:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kl saya tak lama2 in, mas kali aja ada yg jatoh... #lho?

      Delete
  9. exel ternyata penuh rumus ya mas, yang sudah menguasai tinggal klik-klik dan klik maka jadilah, tapi kok tetap sulit ya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih tanya2 temen, mas atau kl gak ya mengandalkan mbah gugel aja, h-hiii...

      Delete
  10. Mantap mas..
    Kalo mau tanya boleh mas?
    Dari email?

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!