Monday, March 19, 2012

ujungkelingking - Anda yang sehari-harinya bekerja di dalam ruang (kantor), sedikit banyak pasti menggunakan excel untuk membantu pekerjaan Anda. Tentu tidak akan menjadi masalah bila yang menggunakan komputer tersebut hanya Anda seorang. Tapi bagaimana bila komputer tersebut digunakan secara bergantian oleh beberapa orang? Bagaimana bila worksheet Anda yang mungkin berisi rumus-rumus rumit tiba-tiba menjadi error gara-gara ada yang menghapus sebagian rumusnya? Anda juga tak mungkin meng-lock-nya karena rekan kerja Anda yang lain juga menggunakan file tersebut. Anda pastinya bakal memeras otak lagi agar dapat menggunakan file tersebut.

Berikut ini ada sedikit tips untuk Anda yang mau "mengamankan" worksheet sekaligus rumus-rumus yang ada di dalamnya. Nah, karena file ini juga digunakan oleh rekan kerja Anda, maka kita tidak perlu menguncinya dari luar. Yang akan kita lakukan adalah mengunci sebagian sel atau kolom dan tidak mengunci sebagian yang lain.

Misalnya kita ingin mengunci dan menyembunyikan rumus yang berada di kolom Total, seperti gambar di bawah ini:

Langkah pertama adalah lakukan blok semua worksheet, laku klik kanan dan pilih Format Cells, lalu pada Dialog Box pilih Protection. Pastikan kolom Locked dan Hidden tercentang. Pilih OK.
Dengan begini, nantinya semua sel akan terkunci, tidak bisa diedit.

Kemudian, lakukan blok pada kolom yang boleh diisi oleh rekan kerja Anda. Dalam contoh ini adalah kolom Jumlah. Sorot range D3:D6, sama seperti langkah di atas, pilih Format Cells > Protection. Bedanya, kali ini kosongkan tanda centang pada kolom Locked dan Hidden. Pilih OK.


Setelah itu masuk menu Tools > Protection > Protect Sheet.
Masukkan pasword Anda, ulangi sekali lagi. Lalu Save.






Dan hasilnya adalah, rumus Anda tak lagi terbaca.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat!
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, March 19, 2012
Categories:

3 comments:

  1. Kalau menghapus angka / nominal yang ada di kolom tanpa ikut menghapus rumus yang ada di dalamnya bisa nggak? Caranya gimana? Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!