Saturday, March 24, 2012

ujungkelingking - Kali ini, penulis akan coba membahas 2 fungsi yang berbeda, namun bisa menghasilkan result yang sama. Akan tetapi, nanti, di akhir tulisan ini Anda akan bisa membedakan dalam suatu kasus tertentu harus menggunakan fungsi yang mana.

Kedua fungsi tersebut adalah: REPLACE dan SUBSTITUTE.

Keduanya bisa digunakan untuk mengganti suatu karakter pada suatu text dengan karakter yang lain. Cara penulisannya dalam rumus adalah dengan meletakkan karakter yang dimaksud ke dalam tanda petik-atas ("..."). Fungsi ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan suatu karakter dengan cara menggantinya dengan karakter "tidak ada", yang penulisannya bisa dilakukan dengan meletakkan tanda petik-atas tanpa karakter apapun di dalamnya ("").

Sebagai contoh, Anda ingin menghilangkan sebuah tanda titik pada kata PT. Abcd. Dengan menggunakan kedua fungsi tersebut, akan di dapat hasil yang sama seperti berikut,

dengan fungsi REPLACE
dengan fungsi SUBSTITUTE

Meski hasil yang ditampilkan sama persis, akan tetapi -seperti yang Anda lihat- keduanya menggunakan format penulisan rumus yang berbeda. Format dari SUBSTITUTE adalah SUBSTITUTE(text; old_text; new_text; [instance_num]), yang dengan bahasa sederhananya adalah;
  • text, adalah text asal atau sel sumber
  • text_old, adalah karakter yang hendak Anda ganti
  • new_text, adalah karakter pengganti
  • [instance_num], urutan karakter yang akan diganti tersebut (ini, bila karakter yang akan diganti ada lebih dari satu dalam sel tersebut)
Sementara REPLACE menggunakan rumusan REPLACE(old_text; start_num; num_chars; new_text), yang terjemahannya adalah;
  • old_text, adalah karakter yang akan diganti
  • start_num, adalah posisi dari karakter tersebut
  • num_chars, banyaknya jumlah karakter yang akan diganti, dimulai dari start_num
  • new_text, karakter pengganti 
Nah, dengan ketentuan seperti yang tersebut di atas maka tentu kedua fungsi ini kemudian memiliki tugas berlainan. Dalam contoh dengan lebih banyak data akan terlihat perbedaan keduanya. Kedua kasus di bawah ini akan memperjelas keadaan.

Contoh 1: Menghilangkan tanda titik


Dalam kasus di atas, posisi tanda titik adalah tetap, yaitu selalu berada pada karakter ketiga. Karena itu, Anda bisa menggunakan fungsi REPLACE, lalu kemudian lakukan dragging ke bawah.
Dan hasilnya,



Contoh 2: Menghilangkan tanda titik


Dalam contoh kedua ini, tanda titik letaknya tidak pasti. Kadang berada di urutan kedua, kadang ketiga, dsb. Maka Anda tidak bisa menggunakan fungsi REPLACE disini. Anda, harus menggunakan SUBSTITUTE, karena yang kita sasar adalah "titik"nya dan bukan "karakter ketiga"nya.



Nah, itulah perbedaan dari keduanya. Tergantung di situasi mana Anda menggunakannya.

Semoga bermanfaat! 
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Saturday, March 24, 2012
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!