Wednesday, March 28, 2012

ujungkelingking - Bila Anda sering (baca: selalu) ditugaskan untuk membuat laporan berkala tiap bulan, yang dalam laporan tersebut kalimatnya selalu sama dan hanya perlu mengganti data-data yang berbeda tiap bulannya, maka mungkin menggabungkan atau menyisipkan fungsi text ke dalam teks kalimat tersebut bisa sangat membantu pekerjaan Anda.

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang cara penggabungan dua cells atau lebih dengan menggunakan fingsi CONCATENATE, maka kali ini -sedikit berbeda- kita akan "menyisipkan" fungsi tersebut ke dalam laporan (teks) Anda.

Perhatikan contoh sederhana berikut:



Karena tiap bulan kalimat yang digunakan sama persis dan hanya perlu mengubah beberapa bagian saja, kita bisa menyisipkan fungsi text dengan terlebih dahulu mempersiapkan data yang setiap bulan berubah.

Dalam contoh di atas, pada cell A1, masukkan tanggal (karena tanggal pada laporan pasti akan berubah setiap bulannya).
Pada cell A2, Anda bisa masukkan nama perusahaan (dalam hal ini, UD Ambarawa).
Lalu pada cell A3, masukkan jumlah keuntungan.
Dan pada cell A4, bisa Anda tambahkan persentasenya.

Kemudian Anda bisa mengetikkan seperti di bawah ini,

="Pada bulan "&TEXT(A1;"mmmm yyyy")&", "&TEXT(A2;0)&" mendapatkan laba sebesar Rp "&TEXT(A3;"0.000,-")&" atau turun sekitar "&TEXT(A4;"0,0%")&" dibandingkan bulan kemarin."

Perhatikan, kata yang dicetak dengan warna biru merupakan fungsi text yang kita sisipkan dalam sebuah kalimat, sedang sisanya adalah teks biasa.

Dan hasilnya, setiap kali Anda mengubah data yang berada pada cell A1, A2, A3 atau A4, maka secara otomatis data yang berada pada cell A5 akan ikut berubah.



Demikian sedikit guna fungsi text sederhana untuk Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Wednesday, March 28, 2012
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!