Monday, March 12, 2012

ujungkelingking - Kondisi cuaca yang tidak menentu biasanya menjadi sebab mudahnya penyebaran virus penyebab flu. Dalam kasus seperti ini, pencegahan tentu lebih baik daripada pengobatan karena bila sudah terinfeksi akan sangat mengganggu produktivitas kinerja kita.

Untuk itu perlu beberapa langkah-langkah pencegahan agar tubuh kita tetap bertahan dalam serangan virus tersebut. Berikut yang penulis ambil dari detikHealth; 

1. Minuman hangat.

Sup, teh, lemon hangat atau wedang jahe adalah minuman yang paling baik jika musim dingin seperti ini. Panas dari minuman-minuman ini akan ditransfer dari kerongkongan ke saluran pernapasan. Ini mengendurkan lendir dan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dahak dengan mudah. Selain itu, minuman hangat ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang flu.

2. Banyak minum air putih.

Mengonsumsi banyak cairan baik dari air putih atau jus bisa membantu menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan mengevaporasi saluran pernapasan. Kondisi ini akan membantu melonggarkan lendir yang membuat seseorang merasa lebih baik. Tubuh yang cukup cairan juga membuat fungsi tubuh bekerja dengan baik, sehingga minum cukup air juga bisa menjauhkan Anda dari risiko infeksi.

3. Berhenti dari rokok dan alkohol.

Data statistik menunjukkan bahwa perokok berat lebih mungkin menderita flu dan gangguan pernapasan parah, karena rokok dapat mengeringkan rongga hidung dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sementara mengkonsumsi minuman beralkohol tidak hanya menyebabkan dehidrasi pada tubuh akan tetapi juga membuat Anda rentan tertular flu dengan cara lain. Makin berat Anda minum, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan infeksi dan menderita komplikasi.

4. Berkumur air garam.

Air garam membawa banyak bantuan untuk mengurangi rasa tidak enak dari sakit tenggorokan. Garam juga dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan. Cara ini juga dapat menghindari Anda dari infeksi flu.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, March 12, 2012
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!