Thursday, March 22, 2012

ujungkelingking - Jika Anda kebetulan bekerja di bagian Accounting, Sales atau Taxes, tentunya Anda sering mengetikkan sejumlah nominal berikut terbilangnya. Nah, jika yang diketikkan hanya beberapa saja tentu tidak begitu menyulitkan. Tapi bagaimana jika yang harus diketikkan jumlahnya puluhan -atau lebih, yang akan selalu ada kemungkinan salah ketik? Tentu akan merepotkan dan makan waktu jika Anda harus mengoreksinya satu persatu. Karena itulah kita membutuhkan fungsi Terbilang yang pastinya akan lebih memudahkan pekerjaan Anda.

Langsung saja, ya!

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download file terbilang.xla ini, lalu simpan di sembarang  folder di komputer Anda.

Selanjutnya untuk mengaktifkan file tersebut, buka lembar kerja excel Anda, lalu lakukan salah satu langkah berikut;

(a) Jika Anda pengguna windows 2003, Anda bisa langsung masuk menu Tools > Macro > Security. Pada Security Level pilih Low.


Selanjutnya masuk kembali ke menu Tools > Add-Ins. Klik tombol browse, lalu ambil file terbilang.xla yang sudah di download di atas.



(b) Jika Anda kebetulan menggunakan windows 2007, Anda bisa langsung klik kanan tombol berbentuk bulat yang berada di sebelah kiri-atas layar komputer Anda. Pilih Excel Option. Lalu cari Add-Ins, dan browse file terbilang.xla yang telah Anda download.



Selesai.

Dan untuk menggunakan fungsi ini, masukkan syntax =terbilang(sel_yang_berisi_angka).
Sebagai contoh, pada sel A1 kita masukkan sejumlah angka, maka pada sel B1 kita masukkan rumusnya,

=terbilang(A1)

lalu akan diperoleh hasil seperti ini,


Hasil dari fungsi tersebut kemungkinan berupa huruf kapital semua. Jika Anda tidak suka, Anda bisa mengkombinasikannya dengan fungsi proper.

=proper(terbilang(A1))

sehingga hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini,




Note.
Bila ternyata di belakang hasil fungsi tersebut tidak muncul kata-kata "rupiah", Anda bisa menambahkannya sendiri sehingga menjadi seperti berikut,

=proper(terbilang(A1)&" rupiah"))


OK! Selamat mencoba, dan Anda bisa mendapatkan tips-tips yang lain di artikel-artikel berikutnya.

Salam.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Thursday, March 22, 2012
Categories:

12 comments:

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!