Monday, May 13, 2013

ujungkelingking - Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan lamaran ke sebuah perusahaan, lalu Anda kemudian dipanggil untuk melakukan serangkaian interview, maka ketika pihak perusahaan tertarik untuk mempekerjakan Anda, maka sejak saat itu Anda berstatus sebagai pegawai baru (jreng-jreng!).

Biasanya Anda akan langsung diantar ke lokasi kerja Anda dan diperkenalkan dengan orang-orang yang akan menjadi tim Anda nantinya. Jika Anda beranggapan bahwa ini adalah komunikasi awal, Anda salah. Ini "hanya" perkenalan formalitas semata. Selanjutnya -untuk awalnya- akan ada orang yang bertugas membimbing pekerjaan Anda. Orang ini bisa jadi atasan Anda langsung atau orang yang ditunjuk oleh perusahaan. Siapapun itu, tampilkan imej yang bagus (mau diajari), dan bersikap sok tahu sangat tidak disarankan.

Yang perlu disadari sebagai pegawai baru adalah bahwa kita tidak tahu apa-apa di lingkungan tersebut. Misalnya, karakter atasan dan teman-teman kita seperti apa, sistem kerjanya bagaimana, dsb. Karena itu diperlukan usaha untuk mengenal lingkungan baru kita. Bagaimana caranya?

Membuka diri adalah komunikasi awal

Cara paling mudah untuk mengakrabkan diri dengan pegawai-pegawai yang lebih senior adalah pada jam makan siang, karena pada jam ini orang-orang sedang santai. Cobalah untuk ikut dalam acara makan siang mereka, tentu saja tanpa memaksa. Anda bisa mulai bertanya, "Mau makan dimana, Pak?" atau, "Boleh ikut gabung, Pak?".

Nanti di sela-sela makan siang, mereka pasti akan bertanya tentang Anda. Standartnya tentang tinggal dimana, sudah berkeluarga atau belum, sudah pernah kerja di tempat lain atau tidak, dan sebagainya. Inilah yang saya sebut dengan komunikasi awal. Ini langkah awal mereka mengenal Anda. Jawab dengan apa adanya tanpa membanggakan diri. Tidak ada orang yang suka disombongi, apalagi oleh "anak baru kemarin".

Nah, jika Anda berhasil disini, biasanya mereka akan suka memberikan "informasi-informasi" yang harus Anda ketahui tentang atasan atau perusahaan Anda. Misalnya tentang apa yang tidak disukai oleh atasan Anda, atau cara kerja yang disukai oleh teman-teman yang sudah senior.

Bersikap baik, bukan "menjilat"

Mengetahui "informasi-informasi" tersebut bukan berarti Anda harus menjilat atasan agar bisa survive. Itu cara licik untuk sukses. Para penjilat biasanya melakukannya dengan "menjual omongan" tentang kejelekan pegawai lain kepada atasan. Bisa saja atasan Anda semakin suka dengan Anda, tapi bagaimana dengan pegawai (baca: teman kerja) yang lain? Mungkin mereka akan menjaga jarak dan bersikap hati-hati terhadap Anda. Dan yakinlah, situasi seperti itu tidak menyenangkan untuk bekerja.

Doing your parts

Hindari mengurusi pekerjaan orang lain. Bukan Anda yang bertugas menilai pekerjaan orang lain (kecuali jika Anda adalah bagian HRD, hihi). Kerjakan saja pekerjaan Anda. Akan lebih tenang dengan itu.


*masih kesulitan mencari lanjutannya...



Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, May 13, 2013
Categories:

9 comments:

  1. sederhana banget ya mas tipsnya, tp biasanya klw masih baru malu-malu. Tp klw dah 3 bln lebih .....yah tau ndiri lah. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl dah lama jd malu-maluin.... :lol:

      Malu-malu, its OK... tp kl menutup diri? Oh NO!

      Delete
  2. simple tapi boleh ditekankan dalam diri, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, shahabat dr negri seberang... :)

      trimaksih atas kunjungannya.

      Delete
  3. Replies
    1. Gimana kabar, mbak Nayla, udah agak sehatan?
      Semoga cepat sembuh dan dpt beraktifitas kembali...

      Delete
  4. kereeenn maass .. cukup buat mewaspadai kelalaian dlam diri

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!