Friday, October 12, 2012

ujungkelingking - Kita kerap mendengar seorang ibu yang memarahi anaknya dengan sebutan "anak nakal", dan sebagainya. Namun tahukah kita bahwa melabeli anak dengan sebutan seperti itu justru menimbulkan "pembenaran" dalam diri si anak bahwa dirinya memang nakal. Dampaknya, jika tidak menjadikan anak kehilangan kepercayaan terhadap dirinya sendiri, dia akan kehilangan kepercayaan terhadap orang lain.

Faktanya, tidak ada anak yang nakal. Karena setiap anak pada dasarnya dilahirkan dengan membawa kecerdasan yang berbeda-beda. Menurut seorang ahli riset dari Amerika, Prof. Howard Gardener, ada 8 kecerdasan pada manusia. Delapan macam kecerdasan yang dimiliki setiap anak. Nah, salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang tua adalah kemampuan membaca kecerdasan yang dimiliki oleh anaknya.

Delapan macam kecerdasan itu adalah:

1.
Kecerdasan liguistik, yaitu kemampuan untuk menggunakan lisan-tulisan secara baik dan efektif. Termasuk juga dalam hal ini adalah kepekaan terhadap suara, intonasi, urutan kata, arti suatu kata dan pengaruhnya dalam penyampaian suatu informasi.

2.
Kecerdasan logik-matematik, yaitu kemampuan dalam memecahkan masalah dan mencari jalan keluar yang masuk akal (logis). Biasanya menyukai angka, urutan, logika dan keteraturan. Ia juga mampu melakukan proses berpikir deduktif (besar ke kecil) dan induktif (kecil ke besar).

3.
Kecerdasan visual-spasial, yaitu kemampuan melihat atau mengamati hal-hal secara visual dan spasial (ruang) dengan akurat. Kecerdasan ini termasuk dalam hal warna, garis, bentuk, ruang, ukuran, dan hubungan-hubungannya serta kemampuannya untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

4.
Kecerdasan musikal, yaitu kemampuan menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan segala yang berkaitan dengan musik.

5.
Kecerdasan interpersonal, yaitu kemampuan untuk mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Memiliki kepekaan pada ekspresi wajah, suara dan bahasa tubuh orang lain, juga mampu memberikan respon balik secara efektif-komunikatif.

6.
Kecerdasan intrapersonal, yaitu kemampuan yang ada hubungannya dengan kesadaran tentang diri sendiri. Kecerdasan ini membantunya memahami kekuatan sekaligus kelemahan diri sendiri. Biasanya sangat menghargai nilai etika dan moral.

7.
Kecerdasan kinestetik, yaitu kemampuan dalam menggunakan tubuh secara terampil untuk mengungkapkan pemikiran dan perasaan. Termasuk juga keterampilan fisik dalam hal koordiansi, keseimbangan, daya tahan, kelenturan dan kecepatan.

8.
Kecerdasan naturalis, yaitu kemampuan untuk mengenali, membedakan (meng-kategorikan) apa yang dijumpainya.

***

Maka dari itu jangan pernah berpikir bahwa anak kita nakal. Mulai sekarang berpikirlah tentang kecerdasan yang dimillikinya, then explore it!

Bismillah,
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Friday, October 12, 2012
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!