Sunday, March 2, 2014


Cukup lama juga blog ini tidak berbagi tentang tips-tips tentang excel. Karena itu, sebagai postingan pembuka di bulan Maret ini ada cara sederhana untuk mengerjakan penjumlahan dengan menggunakan satuan di belakangnya.

Untuk melakukan penjumlahan dengan menggunakan satuan, misalnya Pcs, biasanya kita membuat kolom lain di sebelahnya. Misalnya seperti gambar di bawah ini:

Penjumlahan dengan satuan
Penambahan kolom baru

Penambahan kolom baru itu memang kita lakukan karena jika kita langsung menambahkan satuan Pcs pada sel yang berisi angka akan berdampak angka tersebut berubah sifat menjadi text, sehingga tidak bisa dijumlahkan.

Namun, dengan sedikit tips ini, kita bisa dengan leluasa menjumlahkan sederetan angka dengan tetap menampilkan satuan di belakangnya.

Caranya sebagai berikut:

  1. Pada sel yang berisi angka, klik kanan, pilih 'Format Cells'
  2. Pada Category, pilih 'Custom' dan pada Type pilih 'General'
  3. Tambahkan satuan "Pcs" (dengan tanda kutip) di belakang kata 'General', sehingga menjadi General "Pcs"
  4. Klik 'Ok'
Nah, kita bisa mengulang caranya pada sel di bawahnya, atau melakukan dragging (geser) ke bawah.

Menggunakan format cells
Menambahkan satuan di belakang angka

Maka ketika kita mengetikkan sejumlah angka pada sel tersebut, otomatis akan langsung muncul satuan 'Pcs' di belakangnya. Dan angka ini masih bersifat number sehingga tetap bisa dijumlahkan.

Semoga bermanfaat.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Sunday, March 02, 2014
Categories:

25 comments:

  1. sepertinya disini gudang ilmu excel nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... asal jangan gudang masalah aja, mas ^_^

      Delete
  2. kalau masalah seperti matematik seperti ini jeblok mas

    ReplyDelete
  3. Excel itu sulit kalo menurut saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sm, mas. saya juga masih "curi-curi" ilmu nih...

      Delete
  4. Sakit kepalaku kalau sudah urusan hitung bagi kasih, lebih banyak ruginya dari untung. Gak heran kalau jam mtk kupingku suka panas di sembur guru mtk.
    “hasriyani…………! kamu itu kapan pandainya !!“
    Anggka lima nempel di hasil ulangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgagaga... mbak Hasri yani jgn nyindir ah... waktu sma pelajaran eksakta saya semua sdh "di luar kepala"... (gak ngerti sama sekali, mksdnya) :D

      Delete
    2. Hahahahaaa…… jangan merendah Pak Pri. Kalau anda merendah yang menaikkan kerendahan siapa ?

      Delete
    3. beneran ini... masa2 cemerlang saya ya cuman di es-em-pe aja, h-hayyy...

      Delete
  5. hihihi,, temen kuliah saya juga masih banyak yang bingung ketika disuruh megang Excel,, padahal sejak SMA sudah diajari basic Excel,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah br mulai pegang excel saat mulai kerja. Kbtulan temen kerja ada yg jago excel... mulai deh transfer ilmu, h-hee...

      Delete
  6. wah saya sudah lupa semua tentang excel mas pri... rumus-rumusnya saya juga sudah lupa semua hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl di tempat saya kerja ini, excel penting, mas setidaknya dasar2nya saja. Jd yah keadaan yg menuntut, h-hoo...

      Delete
  7. walau sederhana tp jangan pernah remehkan excel yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl sdh tingkat mahir saya pikir bukan sederhana lagi, mas. Ibarat penjumlahan dlm matematika, dia bs berkembang jd persamaan yg sama membingungkannya :)

      Delete
  8. belajar kembali excel disini pak...sudah lama eskali saya gak pai excel ini :)

    ReplyDelete
  9. simple , elegan dan sangat bermanfaat.
    saya hanya bisa ngowoh menyimak ilmu exelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Agus ini merendah betul. Sesekali waktu sharing dong ilmu motretnya...

      Delete
  10. M. Excell sulit mas.. perlu belajar dengan tekun agar bisa menguasai/menggunakan MS. EXCEL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala hal perlu ketekunan agar bs mahir, sob. Tp kl kita menyukai hal tsb, segalanya akan menjadi fun!

      Delete
  11. Makasih triks-nya mas, sangat membantu ..:)

    ReplyDelete
  12. saya dari dulu kok blm bisa pake ini y...exel...hmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. H-hii, dr dulu saya belum bs baca arab gundul, kang!

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!