Tuesday, January 7, 2014

ujungkelingking - Sosmed Itu Dunia Maya? Think Again!


Beberapa waktu yang lalu, seorang teman pernah curhat kepada saya tentang masalah keluarganya. Sebut saja, tentang suaminya dan facebook.

Umumnya kita ketika disebut istilah "dunia maya", maka yang langsung terlintas dalam benak kita adalah facebook, twitter atau internet.

Namun, ketika saya mendengarkan keluhan dari teman saya tersebut dan postingan mas Budy hari ini, saya menyadari bahwa kedua hal ini -dunia maya dan media sosial- adalah hal yang berbeda.

Bila yang kita maksud dengan dunia maya itu adalah dunia yang tidak sebenarnya (palsu atau abal-abal), maka media sosial bisa dikatakan dunia maya. Karena untuk membuat akun tidak harus dengan data-data yang valid. Kita bisa saja berbohong tentang profil dan segala tentang kita.

Bila yang dimaksud dengan dunia maya adalah dunia yang khayal, tidak bisa dipegang, maka sosmed bisa juga disebut dunia maya. Karena kita bertemu atau berkomunikasi tidak secara face-to-face. Akan tetapi jangan lupa orang-orang yang ada di sana ada nyata, bukan robot atau mesin.

Namun jika sudah mengacu kepada konten-nya, maka kita harus sadar bahwa apa yang kita tulis, kita komentar pada media sosial adalah bersumber dari pemikiran spontan kita. Coba ambil sample beberapa status atau kicauan orang-orang itu. Dari yang hanya sekedar share tempat makan enak atau prakiraan cuaca hari ini, kesukaan atau kebencian terhadap seseorang, sampai kepada pemikirannya tentang hal-hal tertentu. Lalu coba cermati, apakah kesemuanya itu bohong-bohongan atau asli dari pemikiran?

Seseorang memang bisa saja berbohong dalam satu atau dua status, tapi secara global, apa yang ditulisnya di sebuah sosmed itulah kenyataannya. Pada akhirnya hal-hal itu menjadi cerminan tentang siapa orang itu sebenarnya.

Sebuah ungkapan bijak mengatakan,

Cara berpikir Anda menentukan bagaimana cara Anda berbuat.
Dan cara Anda berbuat menentukan bagaimana orang lain menilai Anda.

Jadi, apakah Anda masih berpikir bahwa media sosial itu "hanya" dunia maya?

Pikir lagi.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Tuesday, January 07, 2014
Categories:

53 comments:

  1. mungkin sosial media termasuk dunia maya, tapi meskipun didunia maya hampir semua data yang saya gunakan adalah data asli, alasan saya menggunakan data asli adalah karena itu adalah sebuah identitas dan saya tidak perlu memanipulasinya karena meskipun saya memanipulasi toh kenyataannya itulah data saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyeeee, pertamax nih yeeee :p

      Delete
    2. wow, tutupen jerigenmu... emanen duwitmu... :)

      Delete
    3. di mojokerto yang ketangkep kemarin, ternayta bakulnya ayu tenan.....

      Delete
    4. Saya bawa Cepon nih Mas Pri barangkali masih ada hhhhh :D

      Delete
    5. yg pertamax dapat cium basah dari semua komentator yg hadir disini

      Delete
  2. wah, kutipannya... jempol :)
    kenalkan...saya ini bukan maya, tapi etika hehehe

    salam silaturahmi mas Pri

    ReplyDelete
  3. seharusnya dunia nyata lah, lah kita masih hidup kok. kalau dunia maya mungkin dialam mimpi kali ya?
    dan lagi saya kok mesti menjumpai ibu-ibu khususnya ibu muda curhat di fb tentang kelakuan suaminya.
    kasian ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan ibunya atau suaminya, nih?

      Delete
    2. kasian dua-duanya mas..seharusnya kan ada ranjang buat menyelesaikannya kan.
      ngobrol-ngobrol kan enak di ranjang mas, lebih intim

      Delete
    3. ya, kan dia juga ngobrolnya di ranjang, mas... tapi di ranjang tetangga *_*

      Delete
    4. masalahnya tuh ranjang empuk nggak?

      Delete
  4. harus berhati2 di dunia maya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dunia nyata juga lah, mas.

      apalagi katanya mas Saud, foto2 di fb bs didownload org lain meski sudah di setting pribadi.

      Delete
    2. aaaaaah berarti foto saya yg nggak pake baju juga bisa diunduh donk?

      Delete
  5. saya suka dengan tulisan di bagian paling akhir, sip

    ReplyDelete
  6. saya juga pernah membaca sebuah buku yang menyatakan bahwa , Kamu adalah apa yang kamu pikirkan, Keren memang kata kata itu, sampai saya tak bisa lupa tulisan dan bukunya semasaih smp :)

    ReplyDelete
  7. Setengah maya setengah asli :p
    Kutipannya bagus,

    ReplyDelete
  8. Dunia maya berarti dunia yang dimanipulasi ya mas, bisa jadi dalam dunia nyata ada dunia maya .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm, bisa jd. toh banyak juga tipu2 di dunia nyata.

      Delete
    2. tapi terkadang malah didunia maya itulah karakter dan perasaan asli dari seseorang malah keluar, mas. biasanya tuh para ABG yg kayak gitu. mereka begitu karena mereka mengira bahwa orang tuanya atau orang2 yg mengawasinya tidak akan bisa "nyambung" di dunia itu.

      Delete
  9. kalau pengamatan saya,maya sama nyata itu temenan mas. mereka saling melengkapi loh ^_^

    ReplyDelete
  10. Berarti kita ini juga ngak nyata ya mas....tapi waktu saya nabrak lemari sampai sekarang masih benjol dan terasa berarti itu nyata ya...
    *bingung*

    ReplyDelete
  11. kata orang awam facebook itu cuma dunia maya, buang-buang waktu lah, tapi justru bagi saya facebook itu membantu menghubungkan kita dengan orang-orang di kehidupan kita sesuai slogannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika sesuatu itu berada di tangan yg tepat, ia akan berguna.
      Sebaliknya, jika di tangan yang salah ia hanya akan jadi hal yg sia-sia, malah bisa2 jd sesuatu yg berbahaya.

      Delete
  12. Dunia terkadang bisa di buat Negatif buat orang yang iseng dan yakin tidak
    Memakai nama user atau Profil nama Aslinya. berbeda dengan Dunia maya
    Yang Orang berpikiran Positif walau sebatas di dunia Maya tidak sedikit yang
    Memakai nama Asli karena tujuanya yang Positif dan harapan yang bisa bermanfaat
    Buat Orang lain lebih-lebih buat sendiri. jadi gunakan Dunia maya hanya untuk hal
    Yang baik dan positif saran saya. selebih nya terserah anda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya ndak boleh ada lebihnya, mas.

      "jadi gunakan Dunia maya hanya untuk hal Yang baik dan positif." Titik.

      Delete
  13. Dunia mba maya alias dunia maya itu emang dunia khayalan..jangan terlalu percaya dengan keaslian data yang terinput di dalam dunia maya. Asalkan tidak terjerumus. dunia maya masih bisa di anggap aman kok untuk berselancar mencari informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inilah kemudahan yg ditawarkan dunia maya, h-hee...

      Delete
  14. Sepakat kita mas.. teman-teman saya justru keliatan asli wataknya di dunia maya seperti di sosmed, dari pada aslinya yang disembunyiin di dunia nyata... walau mereka itu pakai identitas palsu, yang akhir saya tau juga siapa dia dia itu.. hehehe..

    Salah satu hobi juga sih mengenal karakter orang didunia maya.. soalnya bikin penasaran hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp hati2 lho mas, jgn smpe terjebak pd "mencari-cari aib" org lain. mending instropeksi ndiri aja lah...

      Delete
    2. bukan "mencari-cari aib" mas, justru itu sebagai antisipasi saya buat jaga diri. Dengan pahamnya kita karakter orang tersebut baik dunia nyata atau dunia maya, kita akan semakin bijak bagaimana harusnya bersikap bila nanti kita dapetin kemungkinan terburuk dalam bersosialiasi dengan bersangkutan.. Lagi pula itu kan cuman untuk konsumsi pribadi, bukan suatu untuk disebar luaskan.. buka begitu mas? :D

      Delete
  15. aku kalo bikin jurnal dan komen semaunya sendiri
    berarti orangnya error ya, om..?

    ReplyDelete
  16. saya pakai nama Budy Shinichi bukan untuk memalsukan jati diri lho... karena Budy nama saya dan Sinichi nama anak saya

    #membela diri

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!