Wednesday, July 10, 2013

ujungkelingking - Saya masih ingat setahun yang lalu ketika saya masih aktif-aktifnya menulis di Kompasiana, awal Ramadhan seperti ini pernah ada yang menulis sebuah artikel berjudul "Selamat Datang, Bulan yang 'Nggak Banget'". Entah, apakah ungkapan di atas adalah ungkapan sarkastik penulis artikel atau hanya semacam sindiran saja bagi kita, kaum Muslimin.

Seperti kita tahu, kalau masuk bulan puasa seperti sekarang ini amat sulit sekali dijumpai warung atau depot yang buka di siang hari. Alasan mereka sama, yaitu menghormati yang sedang berpuasa. Daripada mengganggu kekhusyuk'an mereka yang berpuasa, maka pedagang-pedagang itu memilih libur berjualan.
Dari sini saja bisa disimpulkan bahwa ada kesalahan berpikir pada masyarakat kita. Kenapa tidak boleh berjualan ketika bulan puasa, toh penjualnya juga berpuasa? Bahkan meskipun penjualnya tidak berpuasa, apakah dengan ia berjualan akan mengurangi nilai ibadah kita? Apakah kita takut tergiur makanan tersebut sehingga membatalkan puasa? Mudah-mudahan tidak ada yang memiliki pemikiran seperti itu. Tidak ada hubungannya antara puasa kita dengan jualan orang lain.

Bukankah Ramadhan adalah upaya pengekangan hawa nafsu? Lha kalau nafsunya saja tidak ada (karena yang berjualan makanan tidak ada) lalu apanya yang dikekang? Islam tidak pernah mengharamkan berjualan makanan dan minuman pada siang hari di bulan puasa. Bahkan, Islam menganjurkan agar orang-orang yang berpuasa tetap beraktifitas sebagaimana biasanya.

Memang ada anggapan bahwa tidurnya orang yang berpuasa itu bernilai ibadah. Tapi tentu, tetap beraktifitas dan beribadah itu jauh lebih baik daripada menghabiskan hari-hari hanya dengan tidur. Ingat bahwa bekerja dan beraktifitas itu bisa bernilai ibadah jika kita niatkan mengharap ridha Allah.

So, Anda yang berpuasa harus dihormati? Jangan manja, ah!
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Wednesday, July 10, 2013
Categories:

12 comments:

  1. yeee ane pertamax gan..
    bener bgt tuh gan :) setuju deh

    ReplyDelete
  2. saya gak manja mas,,,,

    met puasa ya,,,
    moga lancar,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, sama2.. mau dnger crita maya yg puasa di negri orang ah,

      Delete
  3. betul kang, padahal Islam itu tak melarang untuk berjualan. jadi, terserah saja kalau mau berjualan, soalnya itu hak masing2 toh buat reezeki ko. Kalo masalah nafsu sih itu tanggung pribadi, jangan salahkan pedagang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn sampai terjadi merusak lapak2 pedagang gr2 mreka tdk mau libur berjualan...

      Delete
  4. Subhanlah, tulisan mas admin ujungkelingking memang snagat inspiratif, kalo dipikir2 sahabat rasul aja berperang waktu lagi puasa..

    ReplyDelete
  5. mbak KY juga ngak manja ah heeee..

    kalau di malaysia kedai dr org muslim di tutup, nanti petang baru ada, bazar Ramadhan heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl penjualnya sndiri yg memilih tutup ya ndak masalah... tp percaya kok kl mbak KY tdk manja... :)

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!