Thursday, June 13, 2013

ujungkelingking - Lagi-lagi saya diingatkan oleh seorang rekan di Kompasiana tentang pembajakan (baca: penduplikasian) akun jejaring sosial kita. Sebenarnya, kasus pembajakan akun-akun ini sudah berlangsung dari dulu, namun sepertinya kita memang harus terus-menerus diingatkan agar waspada, terutama bagi user-user baru.

ruddinnoer.blogspot.com


Apa tujuan seseorang membajak akun kita?

Dengan mengesampingkan alasan cuma iseng, para pembajak akun umumnya memiliki tujuan untuk mendapatkan sejumlah uang, atau bisa jadi untuk melakukan "pembunuhan karakter" terhadap Anda.

Biasanya, si pembajak terlebih dahulu akan "mempelajari" akun Anda. Secara spesifik adalah info diri, status posting dan teman. Lalu kemudian meng-add beberapa teman kita. Yang tidak menyadari bahwa akun tersebut adalah bajakan, pasti akan langsung meng-confirm. Hal ini berbeda dengan kasus hacking yang menyebabkan akun kita berada di dalam kekuasaan mereka. Secara teknis, mereka adalah "kita".

Mengapa begitu mudah sebuah akun dibajak?

Karena tidak masalah memakai nama yang sama, selama alamat email berbeda. Sedangkan untuk foto, tinggal 'save image' saja. Dan orang-orang lebih mudah melihat nama dan foto daripada link si pemilik akun.

Kasus yang biasa terjadi adalah pemilik akun bajakan ini meminta bantuan berupa uang terhadap teman-teman Anda. Alasannya bisa bermacam-macam, kecelakaan lah, sakit parah lah, dsb. Yang sempat mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut -kepada kita- tentu selamat dari penipuan.

Teknologi itu ibarat dua sisi mata uang. Bisa bermanfaat, pun bisa berdampak buruk. Tergantung penggunanya. Bermanfaat untuk orang lain, itu bagus, tapi jika kemudian berdampak buruk bagi kita, ini yang harus diwaspadai.

Berikut ini adalah tips bagaimana kita "memperlakukan" akun facebook kita, atau situs jejaring sosial lainnya.

Bagaimana agar kita tidak menjadi korban pembajakan akun?
  1. Atur akun kita agar tidak terlihat secara "publik", hanya mereka yang sudah menjadi teman kita. Atur juga foto-foto agar dapat dilihat oleh keluarga atau teman dekat saja.
  2. Ingat, si pembajak akan meng-add teman-teman dari calon korbannya. Ini berlaku juga bagi Anda, ketika akan meng-confirm ajakan pertemanan, cek dahulu kebenaran akun ini. Atau Anda bisa meminta klarifikasi langsung via sms atau telpon dari yang bersangkutan.
  3. Sering-seringlah mengganti password. (Sejujurnya, saya agak malas dengan yang ini. Semua tidak lain adalah karena saya termasuk orang yang pelupa). 
  4. Ada yang berpendapat penting juga untuk memiliki akun lebih dari satu. Misalnya, akun pertama hanya diperuntukkan bagi keluarga saja. Akun berikutnya hanya khusus untuk teman saja. Akun berikutnya -mungkin- untuk kenalan-kenalan baru, dst. Dan yang harus diingat adalah masing-masing akun tersebut tidak boleh saling meng-add. (Banyak akun, banyak password. Kalau yang ini saya jelas lebih malas lagi, hehe..) 
  5. Blokir saja orang-orang yang sering bikin rusuh dan berkata tidak sopan.
  6. Terkadang kita menggunakan facebook tidak hanya dari PC saja, namun dari hape juga. Jika hape tersebut hilang, kemungkinan akun kita dipakai oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab besar sekali. Karena itu jangan lupa menggunakan sign-out jika hendak keluar dari facebook. Ini tentu berlaku juga bagi Anda yang mengaksesnya dari komputer umum (warnet).
  7. Banyak aplikasi dan game menarik bertebaran di facebook. Ingat bahwa semua itu buatan pihak lain. Artinya, selektiflah memilih aplikasi dan game.
  8. Gunakan aplikasi anti pembajakan.
  9. Jika akun sudah dibajak, segera periksa email Anda. Jika masih "selamat", ubah kata sandinya dan laporkan melalui http://www.facebook.com/help.
Diolah dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Thursday, June 13, 2013
Categories: ,

6 comments:

  1. trims sobat,, ini ilmu yang sangat membantu kita dalam mengatasinya,,
    moga ja orang yang demikian cepat insaf tuu :)
    salam silaturrahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, terpenting adl kita pandai menjaga diri (baca: akun) kita.

      Salam silaturahmi juga :)

      Delete
  2. makasih kak infonya,,,,,,,
    moga akun kita g di bajak

    ReplyDelete
  3. thanks gan buat infonya.. berarti kita harus hati2 lagi :)

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!