Monday, May 20, 2013

ujungkelingking - Judul artikel ini saya ambil dari status pada sebuah akun fesbuk beberapa waktu yang lalu. Tentu saja kalimat di atas sudah sedikit saya perhalus, karena teks aslinya lumayan kasar kalau harus dituliskan di sini.

Tulisan ini tidak akan membahas "kata-kata Mario Teguh", namun secara umum, kata-kata atau nasehat dari orang lain.

Tentu saja semua nasehat itu baik. Hanya apakah tepat atau tidak ketika diterapkan dalam kondisi kita, itu lain soal. Ini yang harus dipahami lebih dulu. Permasalahan yang sama terkadang memang membutuhkan nasehat yang berbeda karena situasi dan kondisinya yang sudah tidak sama.

Analogi yang lebih sederhana mungkin begini. Anda sakit dan memutuskan untuk pergi ke dokter. Kemudian setelah dilakukan serangkaian tes dan pemeriksaan, oleh dokter Anda diberikan secarik kertas resep obat. Lalu Anda dengan marah membentak, "Penyakit saya tidak akan sembuh hanya dengan kertas resep, Dok!" Si dokter pasti bengong dan melongo.

Lha iya, kertas resep memang hanya kertas. Tidak berguna kalau hanya Anda baca. Anda harus membawanya ke apotik untuk ditukar dengan beberapa obat yang harus Anda beli. Lalu Anda tinggal minum dengan mengikuti aturan obat tersebut. Jika belum sembuh, mungkin Anda bisa mencoba dokter lain atau obat lain untuk Anda minum.

Intinya adalah action dari diri kita. Seorang motivator atau pemberi nasehat hanya memberikan arah. Perkara kita mau menjalaninya atau tidak, sepenuhnya tergantung kita sendiri. Inilah yang gagal dipahami oleh orang yang mengupdate status-status sejenis di atas.

Janganlah kita menjadi orang-orang yang sombong. Bukankah dalam Agama, orang yang sombong itu adalah orang yang menolak kebenaran (nasehat)?

Maka terimalah nasehat dari manapun ia datangnya. Masalah sesuai kondisi atau tidak, itu soal nanti.
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, May 20, 2013
Categories:

6 comments:

  1. KY suka dengan kata2 motivasi dan nasihat, ia akan menabahkan lagi semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita pun demikian, motivasi amat penting terutama ktka kita lagi down.

      Delete
  2. iya mas, teori dengan praktek lapanga jauh berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll, krn itulah teori tdk boleh hanya di dengar melulu...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!