Monday, April 22, 2013

ujungkelingking - Jika Anda termasuk orang yang hampir setiap hari keluar rumah, entah untuk bekerja atau ke kampus, maka dompet adalah benda yang mutlak Anda amankan dari hilang karena terjatuh, tertinggal atau kecopetan.

Di dalam dompet tersebut kita menyimpan uang dan surat-surat penting, seperti KTP, STNK, dsb. Karena itu ada baiknya Anda menyimak tips mengamankan isi dompet berikut ini, sebagai cara agar kita lebih berhati-hati. Check this out!

1. Buat salinannya

Copy setiap surat-surat yang ada di dompet Anda. Kita memang tidak berharap yang terburuk, namun jika hal itu terjadi kita akan lebih mudah mengurusnya kembali jika memiliki salinannya.

2. Pisahkan isi dompet

Cara ini digunakan untuk meminimalisir kerugian. Ketika dompet Anda hilang, uang dan surat-surat penting yang ada di dalamnya kemungkinan kecil untuk bisa kembali. Maka lebih baik jika mulai sekarang Anda memisahkan uang dan surat-surat penting di dua dompet yang berbeda. Letakkan dompet yang berisi surat-surat penting di tempat yang paling aman dari pakaian Anda. Jika Anda mengenakan jaket, maka tempat terbaik adalah saku kemeja bagian atas. Lalu untuk dompet yang berisi uang, simpan di tempat yang sering Anda pegang atau yang mudah dijangkau.

Saran lainnya adalah, jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Setidaknya cukup untuk membeli bahan bakar atau ongkos transport pulang-pergi ditambah keperluan lain-lain. Tentunya Anda bisa mengkalkulasi sendiri.

3. Sisipkan nomor kontak

Ketika seseorang menemukan surat penting kita -STNK, misalnya- tentu kita berharap orang tersebut mau mengembalikannya. Namun bagaimana jika alamat yang tertera di STNK bukanlah alamat pemilik yang sekarang? Atau bagaimana jika alamat tersebut terlalu jauh bagi si penemu?

Maka alangkah perlunya jika Anda menyisipkan nomor telepon Anda pada surat-surat penting tersebut. Agar orang yang menemukannya bisa segera menghubungi Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau nomor telepon Anda akan tersebar, toh jika surat-surat itu tidak hilang nomor tersebut akan tetap aman di saku Anda. Sebaliknya jika hilang, yang tahu nomor Anda cuma penemunya saja.

***

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada Anda. Namun yang perlu diingat adalah mencegah selalu lebih baik daripada menanggulangi.

Tetap berhati-hati!

Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Monday, April 22, 2013
Categories:

2 comments:

  1. bermanfaat banget nih tipsnya, maksh udah berbagi tipsnya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih mbak Indah... bermanfaat bagi yg isi dompetnya banyak, kl cuma KTP doang mah, ga ngefek.... :lol:

      Delete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!