Friday, April 26, 2013

ujungkelingking - Pada postingan sebelumnya, yaitu Ajal Bukan Hanya Untukmu, saya sudah membahas tentang kematian. Untuk kali ini saya ingin menarik benang merah dari panjang umur seseorang dihubungkan dengan sikap hidupnya yang konsumtif (boros). Artikel ini saya beri judul Teori Korelasi Antara Batas Umur dan Sikap Konsumtif Manusia.

Jelas teori ini belum pernah diuji. Dan mungkin tak akan pernah bisa diuji karena melibatkan Dia, Yang Maha Berkehendak.

Teori ini berbunyi, "Orang yang konsumtif lebih cepat berkurang jatah umurnya daripada orang yang tidak konsumtif". Ini berarti agar bisa memperpanjang umur, seseorang tidak boleh berlaku konsumtif alias boros.

Apakah memang seperti itu? Mari kita analisis.
Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda, "Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Allah dan carilah nafkah dengan cara yang baik, karena sesungguhnya seseorang sekali-kali tidak akan meninggal dunia sebelum rezekinya disempurnakan, sekalipun rezekinya terlambat (datang) kepadanya. Maka, bertakwalah kepada Allah dan carilah rezeki dengan cara yang baik, ambillah yang halal dan tinggalkanlah yang haram."
[Shahih Ibnu Majah no. 1743, Ibnu Majah II: 725 no. 214]

Ini mengindikasikan bahwa ketika seseorang meninggal berarti rejeki yang telah menjadi jatah untuk dirinya sudah sempurna (habis). Siapa yang menghabiskan? Tentu dirinya sendiri melalui perilaku dalam hidupnya.

Setiap kita memiliki jatah rejekinya sendiri-sendiri. Ketika rejeki tersebut habis, maka disitulah saatnya ajal kita. Sehingga, logika yang bisa dimunculkan adalah, jika kita bisa 'menghemat' rejeki kita -yaitu dengan meniggalkan pola hidup konsumtif- maka harapan untuk memperpanjang jatah umur kita menjadi lebih besar.

Kita ambil contoh yang paling dekat, misalnya: pecandu rokok, pecandu obat-obatan atau minuman keras (apologize for the offense, but I have to give an example). Dalam banyak penelitian medis diungkapkan bahwa ketika seseorang merokok maka dikatakan bahwa jatah umurnya akan berkurang. Yang lain menyebutkan bahwa dengan satu hisapan rokok bisa mengurangi umur sekian menit. Penelitian tersebut tentu bukan hasil dari pengamatan sementara. Hal ini bisa jadi karena dengan membeli rokok berarti dia telah memboroskan uangnya (uang = rejeki), dan dengan merokok dia telah memboroskan kesehatannya (kesehatan = rejeki). Maka dengan menghambur-hamburkannya berarti sama dengan menghabiskannya dengan cepat.

Begitu juga yang terjadi pada pecandu obat-obatan atau minuman keras. Maka menjadi tak heran jika kita disuguhi banyak berita tentang orang-orang yang meninggal karena over dosis atau yang meninggal setelah pesta miras. Hal tersebut terjadi karena jatah rejeki mereka yang berupa kesehatan, disia-siakan.

Dengan ini kemudian lahir teori turunannya bahwa banyak rejeki berbanding lurus dengan panjangnya umur.

***

Kalau begitu apakah kita harus bersikap pelit dan anti sedekah dalam rangka 'menghemat' rejeki?

Dihemat atau tidak, rejeki kita pastilah akan habis pada waktunya. Jadi bersikap pelit dan anti sedekah bukanlah solusi yang benar, karena justru balasan bagi orang yang pelit justru adalah pendeknya umur.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidak satu hari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak'. Sedangkan yang lainnya berkata, 'Ya Allah, hancurkanlah harta (rejeki, pen.) orang yang kikir.'"
[Bukhari, Muslim]
Cukup jelas kemudian bahwa bersikap pelit, kikir dan bakhil adalah justru mempersempit rejeki diri kita sendiri. Dan jika rejeki sudah sempit (sedikit), maka jatah umur kita juga sedikit.

Maka terhadap rejeki yang dianugerahkan kepada kita sudah menjadi kewajiban untuk kita syukuri. Dan yang dimaksud dengan bersyukur itu adalah: menggunakan rejeki tersebut sebagaimana kehendak Yang Maha Pemberi Rejeki. Secara eksplisit yaitu bersedekah atau membuat rejeki itu bermanfaat kebaikan bagi banyak manusia.

Karena itulah bagi orang-orang yang gemar bersedekah, maka baginya dijanjikan tentang panjangnya umur. Bukankah sering dikatakan bahwa sedekah itu dapat menolak bala' dan memperpanjang umur?
Yang dapat menolak takdir adalah doa, dan yang dapat memperpanjang umur adalah kebajikan (amal).
[Ath-Thahawi]
Hal ini tentu sejalan dengan teori di atas.



Benarkah ada korelasi antara bersedekah dan panjang umur?

Benar. Karena ketika seseorang bersedekah maka sebenarnya harta (baca: rejekinya) tidak menjadi berkurang, akan tetapi justru bertambah. Ini juga berarti jatah umurnya menjadi bertambah pula.
Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan kecuali ia bertambah... bertambah... dan bertambah.
[At-Tirmidzi]
Di samping itu, para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang berhadapan dengan situasi stres, mereka yang terbiasa membantu orang lain lebih rendah mengalami gangguan kesehatan. Hal ini pernah disampaikan  peneliti Michael J. Poulin, PhD, asisten profesor psikologi di Universitas Buffalo, seperti dilansir di Dailymail.

Penelitian sebelumnya oleh Greater Good Science Center di California menegaskan bahwa efek kebiasaan menolong itu seperti candu. Bersedekah dikatakan membuat bagian otak mengeluarkan hormon dopamin, yang memberikan efek bahagia. Yang pada akhirnya berpengaruh kualitas kesehatan dan memperpanjang umur.

***

Lalu ada pertanyaan, bagaimana dengan si A yang hidup hemat namun meninggal muda, sedang si B yang konsumtif justru masih hidup hingga sekarang?

Jawabannya -tentu saja- karena jatah rejeki untuk setiap orang berbeda-beda. Ada yang diberi jatah rejeki sedikit dan ada pula yang diberi jatah rejeki melimpah.

Secara matematis bisa kita analogikan seperti ini. Kita umpamakan saja si A mendapat jatah rejeki 10. Dan karena dia bukan orang yang konsumtif, sehari dia hanya menghabiskan 1 dari rejekinya. Maka pada hari kesepuluh rejekinya habis dan disitulah ajalnya tiba. Sedang si B mungkin saja mendapat jatah rejeki 100, sehingga meski dalam sehari dia menghabiskan 5 atau 7 dari jatah rejekinya, dia tidak akan mati dalam sepuluh hari (karena jatah rejekinya belum habis).

Dan terakhir sebagai penutup, seperti yang sudah saya singgung di awal postingan bahwa teori ini jelas tak mungkin bisa diuji, karena semuanya tergantung kehendak Yang Memiliki Segenap Takdir. Namun demikian ada 3 hal yang tetap bisa kita imani, yaitu bahwa,
  1. Balasan atau pahala yang berlipat bagi yang bersedekah adalah PASTI.
  2. Hukuman atau siksa bagi yang pelit adalah PASTI.
  3. Berbuat baik bagi manusia, maka meski jasad berkalang tanah, nama kita tetap akan dikenang dan menjadi teladan bagi yang masih hidup. Ini juga dinamakan panjang umur.
Apabila anak Adam wafat putuslah semua amalnya kecuali tiga hal: yaitu (1) shodaqah jariyah, (2) pengajaran dan penyebaran ilmu yang bermanfaat untuk orang lain, dan (3) anak yang mendoakannya.
[Muslim]
Written by: Pri Enamsatutujuh
UJUNGKELINGKING, at Friday, April 26, 2013
Categories:

14 comments:

  1. betul dan setuju. rizki berbanding lurus dgn umur manusia. dan sodakoh akan memperpanjang umur manusia, ini pernah saya baca di dalam sebuah buku ttg manfaat sodakoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya sedang mencari perawi hadits yg berbunyi kurang-lebih, "Bersedekahlah, sebab sesungguhnya sedekah itu dapat menolak bala' dan memperpanjang umur".

      Kl mbak Indahnya tahu perawinya, boleh dong kasih tahu saya...

      Delete
  2. Begitu banyak keutamaan sedekah....

    Nice.. ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, senengnya yg baru buat buku.... :)

      Trimaksih sdh mampir,

      Delete
  3. Iya banyak sekali manfaatnya tentang sodaqoh terima kasih, telah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal skg pengaplikasiannya saja, mas.

      Salam balik.

      Delete
  4. jadi makin pengen menambah sedekah :-) makasih infonya :-)
    Salam kenal ya...
    di tunggu kunjungan baliknya + komentarnya juga hehehe

    http://uliearieph.blogspot.com/2013/04/spesial-kebaikan-dari-marina-uv-white.html

    ReplyDelete
  5. eh ini artkl lomba atau artkl apa nih? kok bagus amat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahhh, ini mah artikel iseng. Maunya sih diikutkan lomba tp yg trus langsung jd pemenangnya, hahayyy...

      Delete
  6. usia seperti kita mendapat sekarung beras, ada yg habis seminggu, sebulan bahkan mungkin setahun, tinggal bagaimana kita mengkonsumsinya, mungkin sperti itu ya...hehe
    klo jatah usia menurutku sudah diisyaratkan rata2 84 th, tersirat pada lailatul qadr (seribu bulan=84th)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000 bln (84 thn), sebuah analisis yg menarik, mas. menuntut utk diteliti lebih dalam nih! :)

      Delete
  7. Aku sependapat.manfat silatulrahim,sedekah,carirejeki,dpt perpnjng umur trims google atas dakwhx yg profesianal.ilmyah

    ReplyDelete
  8. Tlng situs ini dimasukan pd aplikasi game google play,play store mqakasih google

    ReplyDelete

Komentar Anda tidak dimoderasi.
Namun, Admin berhak menghapus komentar yang dianggap tidak etis.

Popular Posts

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!